Temu Kangen Alumnus SMA Muhamadiyah Mataram 1982


Joko – Kampung Media : Alumnus SMA Muhamadiyah Mataram Tahun lulus 1982,1983,1984 telah melaksanakan kegiatan Temu Kangen 39 tahun yang dilaksanakan tanggal 18 Desember 2021 di Lesehan Green Asi Sayarang-sayang Kota Mataram yang dihadiri oleh 70 orang berasal dari berbagai kota Mataram,Lombok Barat,Lombok Tengah,Lombok Timur, Sumbawa Barat,Sumbawa Besar,Dompu,Kota Bima ,Kab.Bima Bahkan dari Kota Malang, dan kegiatan sukses dan lancar, 05/01/22.
Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan budaya satu ini. Apalagi memang sifat suka berkumpul. Bukan hanya bernostalgia dengan teman lama, dengan adanya acara reuni baik reuni sekolah, perguruan tinggi atau reuni lainnya ternyata ada banyak manfaat yang bisa diambil.
Ada beberapa manpaat temu kangen dalam acara reunian ini diantaranya:
1.Kembali merasakan masa sekolah
Sebagian orang menganggap ajang reuni sebagai hal yang sangat penting karena di reunianlah kita dapat kembali merasakan masa-masa sekolah yang penuh kebersamaan dan kebahagiaan bersama teman-teman. Masa-masa seperti ini hanya ada ketika kita sekolah, namun dengan reuni setidaknya kita bisa merasakan kembali hal-hal seperti itu walau sedikit. Mengingat hal-hal yang menarik, nama-nama panggilan yang kita dapat di masa sekolahpun akhirnya dipakai lagi ketika reunian. Memperbincangkan hal manis yang pernah kita lalui ini merupakan salah satu terapi hati yang efektif.

  1. Dipercaya Membuat Umur Panjang.
    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kumpul-kumpul bersama sahabat yang akan menimbulkan rasa kegembiraan dapat membuat umur kita lebih panjang. Dalam penelitian itu membuktikan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi oleh teman dan saudara kemungkinan meningggal lebih cepatnya berkurang 50 persen. 3. Menghilangkan stres dan depresi berat
    Dukungan emosi yang didapatkan dari teman dan keluarga mampu meringankan beban dan masalah seseorang. Manfaat reuni alumni ini biasa menjadi tempat mencurahkan berbagai masalah sehingga mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia. Beban dan masalah yang awalnya ia tanggung sendiri hingga membuat ia stres dan depresipun akhirnya berkurang bahkan hilang dan berubah menjadi sebuah keceriaan.
  2. Memperkuat jaringan koneksi pertemanan
    Untuk beberapa orang yang menggeluti dunia bisnis, ajang reuni menjadi hal yang sangat bermanfaat karena disitu ia bisa memperkenalkan dan mengajak teman-temannya bergabung atau menikmati hasil bisnis yang ia geluti.
  3. Menjalin tali silatuhmi dan saling bertukar informasi
    Bayangkan jika anda bereuni dengan teman-teman masa SMA, SMP atau bahkan SD yang sudah beberapa tahun tidak bertemu. Tentu hal ini sangat menyenangkan karena tali silatuhmi akan terjalin kembali dan merekatkan persahabatan dengan teman-teman yang mungkin sulit ditemui jika bukan dalam ajang reuni. Selain itu, dengan menghadiri acara reuni alumni kita akan mendapat informasi lebih banyak dari teman-teman kita.
  4. Mengembalikan eksistensi individu
    Bertahun-tahun yang sudah berlalu mungkin telah mengubah kehidupan dan citra seseorang. Saat seseorang menjadi idola di masa sekolahnya bisa jadi sekarang malah bernasib sebaliknya. Adapula yang ketika sekolah prestasinya biasa-biasa aja malah menjadi orang sukses. Hal-hal seperti inilah yang akan menjadi perbincangan hangat saat acara reuni. Bagi mereka yang biasa-biasa aja ketika sekolah dan saat ini sudah menjadi sukses, ajang reuni menjadi tempat untuk eksistensi dirinya.
  5. Menjadi ajang untuk bakti sosial
    Ajang reuni banyak dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk melakukan hal yang positif, seperti penggalangan dana untuk amal, melaksanakan seminar-seminar, dan lain-lain.
  6. Membahagiakan keluarga, teman, dan guru
    Dalam sebuah acara reuni biasanya tidak lupa mengajak guru-guru mereka dahulu. Selain itu, bagi mereka yang telah berkeluarga juga mengajak anak, dan pasangannya. Untuk seorang guru, ajakan bergabung dalam acara reuni tentunya akan membuat guru merasa terhormat karena masih diingat oleh siswa-siswanya. Untuk anak atau pasangan seseorang yang diajak pastinya akan menimbulkan kebahagiaan.
Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Temu Kangen SMAM Mataram H.Juardi

Sambutan Ketua Panitia H.Juardi menyampaikan hal sebagai berikut :
Di pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat berkumpul dan saling bertemu muka di tempat ini dalam forum silaturrahim dan temu Kangen alumni dalam suasana keakraban dan keceriaan.
Rekan-rekan yang berbahagia…


Lama Nian Kita Tak Jumpa, sejak kita pergi meninggalkan bangku sekolah SMAM yang kita cintai ini. Tak jarang nostalgia melambai-lambai dikaharibaan kita, mengenang akan hal ihwal ketika kita masih belajar di sekolah yang kita cintai bersama. Waktu telah memisahkan kita dalam rentang waktu yang cukup lama yaitu 39 tahun, selama kita terpisahkan oleh jarak menyusuri kehidupan kita masing-masing, “Lama tidak ketemu, Sekali ketemu Pas di Acara Reuni”, Kerinduan kita kini dapat terwujud dan terobati melalui ajang temu Kangen alumni SMAM Mataram Tahun 1982 dan 1983 ini. Sungguh ini merupakan Rahmat dan Anugrah Allah SWT yang sangat besar, kita bisa bertemu kembali, mengobati kerinduan bercerita suka maupun duka selama kita berpisah, “Senyuman terjadi dalam Sekejap, tetapi ingatannya dapat dikenang Seumur hidup”
Bergulimya waktu terasa begitu cepat, tak terasa sesungguhnya kita telah berpisah dalam waktu yang cukup lama. Namun perpisahan terakhir kali di sekolah dahulu terasa baru saja kemarin sore, ” Bertemu dengan teman lama membuat kita membangkitkan Gairah, dan itu dapat menambahkan semangat Hidup Kita”.
Mungkin secara fisik kita telah mengalami perobahan, tetapi ciri khas kita masing-masing masih begitu kental sebagaimana ketika kita masih bersama-sama belajar, berteman, bercandaria di sekolah dulu.
Silaturrahim dan pertemuan semacam ini memiliki makna yang sangat penting untuk kita jadikan Nostalgia, tidak hanya mengenang masa-masa indah di masa lalu, tetapi lebih jauh dari itu kita bisa berdiskusi, saling tukar pikiran, saling memberi dan menerima bertukar pengalaman dan membagi keberhasilan, Sehingga akan terbangun suasana keakraban dan kebersamaan menuju keberhasilan yang lebih gemilang.
Lebih dari itu, kita yang juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari almamater ini, tentunya kita perlu bertanya, apa yang telah kita sumbangkan demi kemajuan sekolahan kita ini. Oleh sebab itu, melalui forum ini, kita pikirkan dan diskusikan bersama apa yang harus kita sumbangkan demi kemajuan almamater yang kita cintai ini, tentunya agar hal ini terwujud maka yang pertama kita harus membentuk PENGURUS ALUMNI SMAM Mataram.
Akhirnya, kami atas nama Panitia dan penyelenggara pertemuan ini, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Semua Panitia yang dengan tulus ikhlas mengorbankan waktu dan pikiran demi suksesnya Acara Reuni ini dan kami sampaikan terimakasih juga atas kehadiran rekan-rekan dan hadirin sekalian, serta mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan dalam penyelenggaraan Acara ini yang masih jauh dari Sempurna.
Orang bijak mengatakan : “Sekolah tempat kita bertemu dan Sekolah juga tempat kita berpisah, akan tetapi persahabatanlah yang membuat hati dan kenangan kita selalu Indah”
Hasil musyawarah dari peserta reuni yang terpilih menjadi Pegurus harian , sebagai Ketua DR.Juniawan, Sekretaris Ll.Sugiono dan Bendahara Baiq Hariyati

DR. Juniawan selaku Ketua Pengurus Alumnus SMA Muhamadiyah Mataram sedang memberikan sambutan


Dalam acara istirahat disamaikan beberapa masukan masukan dari beberapa peserta reuni antara lain ingin mengadakan silaturrahmi dengan membentuk pengajian, memberi santunan kepada teman yang mendapat musibah dan ada yang menginginkan menjadi orang tua asuh bagi siswa siswi SMAM Mataram bagi yang tidak mampu agar siswa tersebut tetap bisa menlanjutkan studynya. Bantuan dari alumnus tidak dibatasi seikhlasnya paling sedikir rp 5.000 ,- dan akan ditransfer melalui rekening yang akan diatur kemudian.


Sambutan yang dilontarkan Ketua Pengurus terpilih menyampaikan terima kasih kepada teman teman yang memiliki gagasan terbaik utnuk membantu teman teman yang mendapat musibah, melaksanakan semacam arisan diisi dengan pengajian dan tak kalah pentingnya ingin menyisihkan hartanya dan bersedia menjadi Bapak asuh bagi siswa siswi SMA Muhammadiyah bagi yang tidak mampu dan bantuan tidak mengikat sesuai kemampuan masing masing minimal per bulannya Rp 5.000,– (lima ribu rupiah) dan akan disetor ke rekening bendahara, dan selanjutnya bendahara akan melanjutkan ke pihak SMA Muhammadiyah Mataram.
Ini merupakan program yang sangat bagus kata ketua karena dengan jebolan SMA Muhammadiyah kita bias menjadi orang hebat dan menyisihkan harta kita untuk keperluan umat.
Alhamdulillah dengan secara antusias kegiatan temu kangen ini yang dapat hadir + 70 orang dengan menggunakan pakaian warna putih bercelana jean biru ini anjuran dari panitia pelaksana, Alhamdulillah dapat terlaksana sesuai harapan dan suasana akrab dan menyenangkan dan penuh kekeluargaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *