Pelatihan Safety Riding, Berangkat Selamat,Bekerja Selamat, Pulangpun Selamat

Mataram: Untuk kedua kalinya Astra Motor NTB kembali menggelar pelatihan Safety Riding kepada karyawan PT.Serasi Auto Raya – Trac Member Of Astra Mataram setelah sebelumnya pada Juni 2023 menggelar pelatihan cara berkendara yang baik dan benar. (24/5/2024)

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB – Satria Wiman Jaya mengatakan pada pelatihan tahun ini lebih mengarah kepada perilaku dan tehnik berkendara dan mengetahui prediksi akan terjadinya kecelakaan dalam berkendara di jalan raya.

“Yang saya tekankan dari materi ini adalah gimana teknik berkendaranya, bagaimana cara meningkatkan prediksi bahaya dan nanti ketika dijalan raya mereka udah tahu nih potensi potensi terjadinya kecelakaan, karakteristik karakteristik berkendara itu seperti apa, supaya nanti mereka bisa mencegah terjadinya kecelakaan”. Ujar Surya saat ditemui usai memberikan materi.

Kata Surya ada empat  point yang ditekankan cara meningkatkan potensi bahaya, pertama adalah dalam menggunakan Honda Riding Trainer, kemudian yang kedua pelatihan berkendara, ketiga sharing pengalaman kecelakaan dan yang ke empat sharing pengalaman kecelakaan sendiri.

“Mungkin dari yang ke empat ini pada dasarnya orang itu kadang sungkan untuk sharing pengalaman kecelakaannya, takut untuk diejekin sama temennya, takut untuk diolok olok. Pada dasarnya ketika kita sharing kepada teman kita, tujuannya adalah untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama”. Sambung Surya

Dalam pelatihan ini juga , kata Surya, demostrasi dipraktekkan didepan yakni saat berkendara menggunakan cara menjaga jarak aman dengan satuan, hitungannya 3 detik jadi 1 perseribu 2 perseribu 3 perseribu, kalo jarak amannya 3 perseribu dan kalo mau lebih aman lagi, boleh diperlebar lagi 4 perseribu 5 perseribu 6 perseribu dan seterusnya.

Surya berharap dengan pelatihan Safety Riding For Private Company PT.Serasi Auto Raya ini bisa menurunkan potensi terjadinya kecelakaan dan juga bisa melindungi keluarga terutama keluarga dari karyawan dari PT.Serasi Auto Raya agar tidak terjadi kecelakaan kecelakaan yang selanjutnya.

Brand Manager PT.Serasi Auto Raya – Riyan Ariantiko mengatakan pelatihan ini diikuti oleh seluruh karyawan sekitar 26 orang baik karyawan tetap maupun outsorcing termasuk OB dan pelatihan seperti ini sangatlah penting karna di PT.Serasi Auto Raya terutama di Astra sangat aware terhadap Safety, jadi budaya keselamatan harus di tingkatkan karna hampir 100% karyawan disini menggunakan sepeda motor.

“ Jadi budaya keselamatan harus di tingkatkan lagi, kita harus berangkat selamat, bekerja selamat, pulang pun juga harus selamat. Nah ini biar karyawan lebih aware bahwasanya mereka itu penting disini dan traning ini bermanfaat buat mereka juga karena tidak hanya mereka tahu saja tapi potensi potensi bahaya yang ada di lapangan  atau di jalan harus tahu karena mereka aset penting kita, jangan sampai mereka ada apa apa dijalan. Dan pelatihan ini sangat sangat sesuai dengan misi kami.” Kata Riyan yang baru memegang jabatan di Mataram pada bulan september tahun lalu.

Riyan menambahkan  pertama kali berada di Mataram ini, kepada masyarakat sendiri kesadaran berlalu lintas perlu ditingkatkan, terutama bagaimana berkendara yang baik, mentaati rambu rambu lalu lintas semisal saat lampu merah, ada tulisan dilarang belok kiri.

“Tapi ada juga yang masih menerobos, nah ini prilaku prilaku yang perlu kita harus tekankan. Memang tidak mudah membuat masyarakat sadar, ini perlu ada keterkaitan antara masyarakat, pemerintah dan swasta. Diswasta kita cobaklah mengedukasi biar temen temen ini sebagai agen agen keselamatan agen agen safety dan nantinya bisa memberi contoh dimasyarakat bagaimana berkendara yang baik. Kalo kita mengendalikan masyarakat susah, sampai kita berperilaku mulai dari diri kita sendiri dulu atau mencontohkan diri kita sendiri” Tutup Riyan  (Tim KM Mataram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *