Aksi Astra Group Turunkan Angka Stunting di Mataram

Masalah stunting di NTB yang menjadi perhatian serius  Pemerintah Provinsi NTB, juga mengundang perhatian Astra Group untuk ikut terlibat dalam menurunkan angka stunting, hal ini terlihat dari aksi yang dilakukan oleh Astra Group melalui Astra Motor NTB turun langsung ke masyarakat tepatnya di Posyandu Cempaka Merah Lingkungan Batuaya Kelurahan Cakranegara Selatan Kecamatan  Cakranegara Kota Mataram. (13/8/2024)

Saat turun menemui warga, Manajer Finance Astra Motor NTB Ivan Pratama mengatakan Astra Group datang ke Posyandu  Cempaka Merah untuk ikut berpartisipasi dalam menurunkan stunting melalui bantuan makanan tambahan siap olah.

“Kami bersama Astra Motor Grup ikut berpartisipasi menurunkan angka stunting dengan memberikan bahan makanan tambahan sebanyak 50 paket berisikan telur,tempe,tahu, sayur dan susu”. Ujar Ivan.

Ivan Pratama menambahkan bahwa  program  bantuan untuk penurunan stunting di NTB akan terus dilaksanakan terutama di ring satu areal wilayah beroperasinya Astra Motor NTB. Melalui data stunting   yang diperoleh dari puskesmas dan posyandu, Ivan berharap bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Ketua Kader Posyandu Cempaka Merah Jero Suarni (sebelah kanan baju ping)

Ketua Kader Posyandu Cempaka Merah – Jero Suwarni berharap ingin melihat masyarakat di lingkungannya sehat dan ada kesadaran dari warga untuk mau memeriksakan kesehatannya, seperti warga yang lansia, ibu hamil, terutama  Ibu ibu yang memiliki anak balita yang mengalami stunting.

Jero Suwarni sangat mengapresiasi atas partisipasi Astra Group ikut menurunkan angka stunting, dan pihak kelurahan khususnya Posyandu berharap akan ada lagi perusahaan seperti Astra Motor ikut andil dalam menangani stuting di Lingkungan Batuaya Keluarahan Cakra Negara Selatan.

Sambung Jero Suarni, terdapat 10 Posyandu di Kelurahan Cakranegara Selatan, sebelumnya jumlah stunting sebanyak 49 orang, saat ini turun menjadi 23 orang, pihak posyandu akan terus berupaya keras sampai angka stunting di daerah tersebut menjadi nol.

Bidan Puskesmas Cakranegara Suci Muliyati (Baju seragam coklat paling kiri)

Sementara di Posyandu Cempaka Merah, selain pemeriksaan ibu hamil dan penimbangan balita juga dilakukan pemberian tetes PIN Polio kepada balita.

Disela sela memberikan tetes PIN Polio kepada balita, Bidan Puskesmas Cakranegara – Suci Muliyati mengatakan pemberian dua tetes PIN Polio ini untuk mencegah terjadinya kelumpuhan pada anak-anak.

“ Satu botol PIN Polio, dosisnya untuk 50 anak, diberikan dua tetes untuk satu anak”. Ujar Mulyati

Kata Mulyati, untuk PIN Polio di Posyandu Cempaka Merah ini pensasaranya kepada 34 anak sedangkan yang datang hari ini sekitar 41 anak, dan pemberian PIN Polio ini hanya diberikan setiap lima tahun sekali. (Tim KM Mataram)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *