LPDB Sebagai Sumber Pembiayaan Koperasi

Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan Simpan PInjam (FPSP) Diskop UKM NTB Baiq Ayu Juita Mayasari,SE,MM menjadi pemateri pada  30 peserta Diklat Manajemen Strategi Pengelolaan Koperasi Tingkat Dasar Se – NTB di UPTD Balatkop UKM NTB.

Baiq Ayu Juita Mayasari yang akrab di sapa Juita ini menyampaian materi tentang Penguatan Kopereasi melalui akses permodalan dan pembiayaan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta mengenai berbagai sumber permodalan yang dapat diakses oleh koperasi, baik dari dalam (modal sendiri) maupun luar (modal eksternal).

Materi yang disampaikan mencakup, Modal Sendiri yakni penjelasan mengenai simpanan pokok, simpanan wajib, cadangan, donasi/hibah, sisa hasil usaha (SHU) yang belum dibagi, dan penyertaan modal.
Modal Luar yakni informasi tentang tabungan/simpanan sukarela, pembiayaan dari bank dan non-bank, modal ventura, serta bantuan dari APBD dan APBN. Selain itu kata Juita adalah memanfaatkan Lembaga Pembiayaan Koperasi

Juita menegaskan salah satu fokus utama dalam diklat ini adalah memanfaatkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) sebagai sumber pembiayaan koperasi. Usai penyampaikan materi  kepada peserta, Juita  menberikan panduan praktis mengenai Skema Pembiayaan LPDB termasuk pinjaman modal kerja, kredit investasi, dan pembiayaan modal ventura, beserta contoh-contoh aplikasi di lapangan.
Terhadap Prosedur Pengajuan Juita  memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh koperasi untuk mengajukan pembiayaan ke LPDB, termasuk persyaratan dan dokumen yang diperlukan. (Tim PPID Diskop UKM NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *