Security Dapat Pelatihan Safety Riding Dari Astra Motor NTB dan Polres Lombok Barat

Semakin meningkatnya volume kendaraan di jalan raya harus menjadi perhatian bagi pengendara sepeda motor, tentu juga bagi security sebagai satuan pengamaman di area kerja mereka.

Untuk memberikan pengetahuan bagi security tentang keselamatan dalam berkendara, Astra Motor NTB bekerjasama dengan Polres Kabupaten Lombok Barat menggelar pelatihan Safety Riding Private Company PT.Sigap Prime Astrea di Aula Rinjani Main Dealer Astra Motor NTB. (Jumat, 17 Mei 2024)

Instruktur safety riding dari Astra Motor NTB – Satria Wiman Jaya mengatakan yang perlu ditekankan dalam pelatihan Safety Riding ini adalah pegetahuan dan awarness kepada security dalam penyampaian safety riding dan cara pengaturan lalau lintas yag baik dan benar.

“Ditekankan disini adalah pegetahuan dan awarness kepada security dalam penyampaian safety riding, juga dari Polres Lombok Barat ada Pak Bram dan Pak Egi menyampaikan Gimana sih cara pengaturan lalu lintas yang standar yang harus di lakukan. Nanti ada sesi praktik selain teori, dalam praktik itu untuk menekankan terhadap tehnik tehnik yang akan diaplikasikan di jalan raya.”. Ujar Satria

Kata Satria, pelatihan safety Riding ini tujuannya adalah untuk menurunkan potensi terjadinya kecelakaan sejak dini, sehingga teman teman nantinya sudah tahu klu klu atau klasifikasi saat akan terjadinya kecelakaan, makanya Astra Honda NTB memberikan informai ini agar lebih awareness dalam berkendara.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Lombok Barat –  Ipda Bramasto Herlambang, S.AP yang akrab di sapa Bram menjelaskan untuk pelatihan Safety Riding ini dirasa sangat perlu karna kondisi lalu lintas sekarang sangat padat, terlihat dari peningkatan kendaraan yang sangat banyak terutama kendaraan besar, sementara perusahaan perusahaan ini berada dijalur yang memang memerlukan tingkat responsife yang dirasa oleh security. Terutama seperti yang di Dasan Cermen banyak dari kendaraan besar yang melintas, Kami harap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan dari rekan rekan security untuk mampu memprioritaskan mana yang harus lebih didahulukan atau disebrangkan.

Bram memaparkan, materi yang diberikan kepada peserta diantaranya pelaksanaan pengaturan dijalan raya, Kecepatan rata-rata, berkendara di persimpangan dan jarak aman berkendara.

“Tadi kami memberikan materi terkait dengan bagaimana cara pengaturan yang baik dan benar di jalan raya selain itu kami juga memberikan edukasi terkait dengan berapa batas kecepatan maksimal kendaraan yang melintas baik di Perkotaan, Permukiman maupun di Jalan Bebas Hambatan. Kami juga memberikan instruksi-instruksi atau bagaimana dari petugas security bisa menilai kerawanan seperti apa di wilayah mereka. Tutup Bram

Sementara itu, perwakilan Security Astra Praya Renteng – Rahmat mengatakan sebagai Satuan Pengamanan Astra Praya Renteng Kabupaten Lombok Tengah, banyak mendapatkan ilmu yang bisa diterapkan dilapangan, sehingga bisa menjaga keamanan di lingkungan ditempat bekerja dengan dasar dasar ilmu dari Astra Motor NTB dan Polres Lombok Barat.

Kata Rahmat, karna karakter dimasyarakat sangat berbeda beda, sebagai security yang perlu ditekankan adalah menghimbau agar lebih memperhatikan dari sisi keamanan dan keselamatan di jalan dan mengingatkan kelengkapan berkendara seperti Helm,Sepatu, Jaket serta kelengkapan kendaraan harus aktif atau berfungsi seperti lighting, rem dan lain sebagainya, juga dilengkapi dengan surat surat kendaraan seperti SIM, STNK.

Dalam Pelatihan Safety Riding Private Company PT.Sigap Prime Astrea ini diikuti oleh 25 orang peserta terdiri dari Avco, FIF, Track Astra dan PT Sigap Prima Astrea. (Tim KM Mataram)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *