Rayakan HUT RI Ke-79, Kwarran Sekarbela Kota Mataram Gelar Perlombaan Pramuka

Mataram – Dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-79 dan Hari Pramuka ke-63. Kwartir Ranting Sekarbela Kota Mataram menggelar Lomba Pramuka yang mengundang seluruh TK/PAUD, SD/MI, dan SMP/MTs se-Kwartir Ranting yang dilaksanakan di SDN 35 Ampenan, Ahad (18/08/2024).

Lomba yang digelar diantaranya Lomba Mewarnai untuk pra siaga dan Siaga, serta Lomba Yel Yel untuk Siaga dan Penggalang. Diikuti oleh peserta yang terdiri dari 9 Pangkalan TK/Paud, 12 Pangkalan SD/MI, dan 3 Pangkalan SMP/MTs, di buka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Sekarbela Cahya Samudra.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Adi Marga menuturkan lomba tersebut digelar bertujuan untuk menambah keterampilan dan kedisiplinan para anggota pramuka.

Sementara itu Ka. Mabiran Sekarbela Cahya Samudra menjelaskan pramuka harus berada di lini depan, tengah dan belakang bangsa, sehingga harus selalu eksis dan menjadi garda terdepan dalam membangun bangsa.

“Melalui lomba-lomba ini diharapkan bisa meningkatkan semangat adik adik kita untuk berkompetensi, serta meningkatkan kemampuan literasi mereka”, ungkap Cahya.

Menurut Cahya pramuka hadir untuk menciptakan anak-anak dari masa usia yang belia untuk bisa menjadi generasi emas dimasa yang akan datang.
” Pramuka harus mampu menjadi tauladan dan panutan karena pembangunan berkelanjutan bukan hanya berbicara tentang fisik tetapi saat ini pembangunan berkelanjutan yang diperlukan yakni pembangunan mental dan akhlak untuk mengimbangi”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan dalam perlombaan ini semua peserta adalah partner, menang kalah itu biasa, yang penting silaturahmi di antara adik adik tetap terjaga. (Edi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *