Hadiri Acara Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum, PJ Gubernur NTB : Penghargaan Setinggi Tingginya Kepada Masyarakat dan Perangkat Desa

Mataram, Diskominfotik NTB – Penjabat (PJ) Gubernur NTB, Dr. Hassanudin menghadiri acara Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Apresiasi Panselda dan Peserta Paralegal Justice Award Provinsi NTB Tahun 2024, Selasa (27/08).

PJ Gubernur NTB memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi NTB atas komitmen dan usahanya dalam membangun kesadaran hukum bagi masyarakat NTB.

“Saya juga mengucapakan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh masyarakat dan perangkat desa yang telah bekerja keras untuk mewujudkan desa sadar hukum,” ungkapnya.

Desa Sadar Hukum merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan menegakkan hukum ditengah masyarakat, dengan diresmikan desa sadar hukum, maka semua berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai – nilai keadilan, ketertiban dan kesejahteraan untuk masyarakat Indonesia

“Sehingga apapun yang kita kerjakan ini adalah implementasi dari sila ke lima Pancasila, yakni bagaimana merealisasikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Program pembinaan peningkatan hukum bagi masyarakat, menjadi salah satu tanggung jawab dari pemerintah. Pemerintah berkewajiban negara harus hadir untuk menyampaikan informasi terkait peraturan perundang-undangan dan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dalam keterbukaan akses informasi hukum, dimensi informasi hukum, akses keadilan dan demokrasi serta regulasi.

Dalam hal ini, peningkatan kesehatan hukum masyarakat menjadi salah satu strategi penting yang harus kita lakukan, inti dari kesadaran hukum sesungguhnya berawal dari kesadaran masyarakat untuk menyadari dan menghayati akan hak dan kewajiban serta mewujudkan budaya hukum itu dalam setiap perilaku,” jelasnya.

Ia juga berharap agar momen peresmian Desa Sadar Hukum, akan terbangun kesepahaman bersama, sinergi bersama, kolaborasi bersama serta komitmen yang kuat dari aparatur Pemerintah kepentingan dan masyarakat dalam menegakkan supermasi hukum yang kuat

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur NTB mendapatkan penghargaan panitia seleksi daerah para legal justice awards 2024 dan penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Kepala Daerah Nusa Tenggara Barat 2024.

Adapun yang mendapatkan penghargaan pada kegiatan Peresminat Desa Sadar Huku, sebanyak 40 Camat, 56 Kepala Desa/Lurah, 12 Peserta PJA, dan 9 Kepala Daerah.

Salah satu Kepala Desa Jenggala, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Fahruddin mengucapkan terima kasih kepada Pemprov NTB dan Pemerintah Pusat yang telah memberikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh desa.

“Alhamdulillah, kami merasa bangga kepada Pemerintah Provinsi NTB yang telah memberikan apresiasi kepada kami dengan memberikan penghargaan, kedepan kami akan terus mensosialisasi Desa Sadar Hukum kepada masyarakat,” tuturnya. (diskominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *