Kunjungan Netherlands Business Suport Office (NBSO)

Pj Gubernur NTB yang wakili oleh Sekda NTB Drs.H.Lalu Gita Ariadi,M.Si menerima kunjungan dari Netherlands Business Suport Office (NBSO) / Kantor Perwakilan Dagang Pemerintah Belanda di Indonesia yaitu Mario Lau perwakilan NSBO Indonesia dan Andika Saragih. Kedatanga mereka diterima di Pendopo Tengah Gubernur NTB. (4/9/2024)
Dalam menerima kunjungan, Sekda NTB didampingi OPD teknis terkait yaitu Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian, Dinas Peternakan, Dinas Lutkan, Dinas ESDM, Dinas Dikbud, Dinas Koperasi UKM dan Dinas PMPTSP.
Adapun maksud kunjungan NBSO yang memiliki Jaringan di 11 negara ini untuk mengidentifikasi peluang bisnis, marchmaking dan menemukan mitra bisnis lokal, dan mendukung perusahaan. Karm diketahui NTB memiliki kawasan yang membuka peluang investasi tinggi yaitu kawasan Ekonomi Khusus Mandalika., Kawasan Industri di Pulau Sumbawa dan Global Hub.
Untuk awalnya Informasi yang bisa langsung ditindaklanjuti adalah produk komoditi yang sudah diekspor yaitu produk VCO . Namun sertifikat yang disyaratkan oleh Eropa untuk dipenuhi.
Saat ini Belanda memiliki tehnologi di bidang energi terbarukan yang baik dan ini bisa menjadi peluang projek ke depannya. Seperti pengolahan sampah ada banyak perusahaan konsorsium untuk menangani masalah sampah di NTB.
Selain itu NBSO ingin membangun international seaport Global Hub di KLU adalah salah satu bentuk kerjasama yang pernah dijalin oleh NTB dengan Belanda namun terkendala kondisi gempa 2019.
Untuk NTB sendiri disampaikan potensi Komoditi dan peluang di sektor perdagangan terutama produk ekspor, potensi hasil pertanian perkebunan NTB, Potensi Industri NTB, Potensi energi Baru terbarukan dan potensi mineral logam p sumbawa. investasi dapat dilakukan untuk kebutuhan Bilateral maupun untuk pemenuhan pasokan nasional. Kerjasama bisnis dapat dibangun secara GtoG,GtoB maupun BtoB.
Pemda NTB berharap dengan adanya kunjungan ini terjalin partnership antara NTB dengan Belanda baik itu kerjasama di bidang kebudayaan selain dogmain utama di bidang perdagangan dan investasi. Kedepan diharapkan ada arus investasi dari Belanda sehingga arus modal dan tehnologi dapat masuk ke NTB.
Untuk diketahui bahwa NBSO Indonesia yang berlokasi di Surabaya didedikasikan khusus untuk Promosi perdagangan dan Investasi Belanda diwilayah Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur Lainnya dalam berbagai Sektor kerjasama Seperti Pertanian dan ketahanan pangan, Peternakan, Kesehatan, Maritim dan Air, pengelolaan Limbah, Logistik, Serta pendidikan.
Turut hadir mewakili Kadiskop UKM NTB Kabidabid Pembinaan Koperasi Drs.H.Muksin,MM didampingi pejabat fungsional Retno Kusumaningtias,S.Psi.MM, Mardiana,SE dan L Alun Supria Bhakti,ST. (Tim PPID Diskop UKM NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *