Kolaborasi Satlantas Polres Lombok Barat dan Astra Motor NTB Gelar Pelatihan Safety Riding di PLTU Jeranjang

Giri Menang – PLTU Jeranjang menjadi lokasi penting pelaksanaan pelatihan Safety Riding pada 20 September 2024, berkat kolaborasi antara Astra Motor NTB dengan Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat. Pelatihan ini mengusung misi utama untuk meningkatkan kesadaran berkendara yang aman dan bertujuan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Kegiatan ini diawali dengan sesi kuis online pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan awal peserta terkait keselamatan berkendara. Hal ini dilakukan agar penyampaian materi dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Brigpol Ngurah Komang Ariawan, S.H., anggota Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Barat, memberikan materi dasar tentang peraturan lalu lintas, yang mengajarkan peserta untuk lebih memahami pentingnya mematuhi aturan berkendara dan menjaga etika di jalan.

Satria Wiman Jaya, instruktur Safety Riding dari Astra Motor NTB, melanjutkan dengan menyampaikan materi tentang konsep “Cari Aman” saat berkendara. Edukasi ini berfokus pada persiapan fisik dan mental sebelum berkendara, serta penggunaan alat keselamatan seperti helm dan jaket yang standar. Selain itu, ia juga mengajarkan teknik berkendara aman yang bertujuan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Tidak hanya teori, pelatihan ini juga dilengkapi dengan sesi praktik langsung menggunakan sepeda motor Honda CB150X dan Honda Genio. Peserta diajak langsung untuk mempraktikkan teknik-teknik berkendara yang benar dan aman di lingkungan PLTU, yang dirancang khusus untuk simulasi kondisi di jalan raya.

Untuk memastikan efektivitas pelatihan, sesi post-test dilakukan di akhir kegiatan. Tes ini bertujuan mengevaluasi apakah materi yang disampaikan oleh instruktur tersampaikan dengan baik dan dipahami oleh seluruh peserta. Tidak hanya fokus pada edukasi, Honda juga menyelenggarakan pameran produk serta layanan servis kunjung di lokasi. Program ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk merawat sepeda motor mereka dengan program diskon khusus yang hanya berlaku selama kegiatan berlangsung.

“Kami ingin memastikan bahwa semua peserta dapat memahami dan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan hari ini. Harapan kami, dengan pelatihan ini, potensi kecelakaan di jalan raya bisa berkurang, dan budaya berkendara yang aman semakin berkembang,” ujar Satria Wiman Jaya.

Komitmen Astra Motor NTB dan Polres Lombok Barat terhadap keselamatan berkendara tercermin dalam rangkaian edukasi dan praktik seperti ini, yang akan terus dilaksanakan di berbagai perusahaan dan institusi di masa mendatang.

Ditambahkan oleh Chrystian David selaku Marketing Manager Astra Motor NTB, edukasi Safety Riding konsisten digelar setiap bulannya dengan menyasar berbagai lapisan Masyarakat.

“Dalam sebulan kegiatan edukasi keselamatan berkendara digelar di 3-4 titik. Menyasar sekolah-sekolah, instansi perkantoran dan event-event lainnya. Semoga Masyarakat yang telah mendapat edukasi, mampu menerapkannya dalam berkendara sehari-hari,” tutup David. (Tim KM MD Astra Motor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *