Perang Topat Lingsar

Alhamdulillah berkesempatan hadir pada acara PERANG TOPAT, di area dekat Kemalik Pure Lingsar Kab Lombok Barat ( Senin 27 Nov 2023 ).

Hadir Ibu Bupati Lobar, Direktur Event Daerah Kemenpar, tokoh agama, tokoh masyarakat, pejabat Sipil, TNI dan Polri lingkup Propinsi dan Kab Lombok Barat. Didampingi pj ketua TP PKK NTB. Berbaur dengan wisatawan mancanegara dan warga Hindu dan Islam yg hadir penuh antusias.

PERANG TOPAT sdh terdaftar sebagai WBTB ( Warisan Budaya Tak Benda ) dan masuk dalam KEN ( Kharisma Event Nusantara ) Kemenpatekraf RI.

Secara historis dan filosofis,PERANG TOPAT, bukan perang berkonotasi sirnakan musuh. PERANG TOPAT justru ajang sillaturrahmi perbanyak teman. PERANG TOPAT, event merawat sillaturrahmi dilandasi spirit toleransi antar ummat beragama, intern ummat beragama dan antara ummat beragama dengan pemerintah.

Spirit sillaturrahmi dan toleransi PERANG TOPAT modalitas kita merawat keberagaman agar tetap damai dan harmonis. Harmoni kehidupan di tengah masyarakat ini menjadi sesuatu yg penting terlebih menjelang perhelatan pesta demokrasi 2024 mendatang.

Mari kita rawat nilai2 kebersamaan, saling menghormati, saling menyayangi. Bhinneka Tunggal Ika terawat, kedamaian tercipta, pesta demokrasi lancar, sukses dan berkualitas.

Seiring sejalan sesenggak Sasaq : Tunjung Tilah Aik Meneng Empaq Bau. (H.Lalu Gita Ariadi – Pj.Gubernur NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *