PHBI Kota Bima Lakukan Koordinasi Terkait Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M

Kota Bima – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M. Sekretaris PHBI Kota Bima Drs. H. Furqan Ar Roka mengungkapkan hal tersebut.

Berdasarkan Hasil Keputusan Rapat PHBI Kota Bima, Asisten I Setda Kota Bima, Kepala Kementerian Agama Kota Bima, Kabag Adm. dan Kesra Setda Kota Bima, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bima, Kasat Pol. PP Kota Bima, dan Ketua PHBI Kecamatan se Kota Bima dan Korlap pada tanggal 20 Maret 2024 yang bertempat di Aula FKUB Kota Bima memutuskan berbagai hal terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, sambungnya, diputuskan daftar khatib/imam sholat Idul Fitri yang bertugas di lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri. Pelaksanaan shalat Idul Fitri akan dilaksanakan pada 9 lokasi yang sudah ditentukan dan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan PHBI Kecamatan dan Koordinator lapangan pada masing-masing wilayah.

Adapun 9 lokasi tempat penyelenggaraan sholat Idul Fitri ialah Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima, Lapangan Pahlawan Raba, halaman Kantor Walikota, Lapangan Manggemaci, halaman SMKN 2 Kota Bima, halaman Terminal Kumbe, halaman SMKPPN Jatiwangi, Lapangan Serasuba, dan Lapangan Ksop/Pelabuhan Bima.

Para petugas di 9 lokasi yang ditetapkan tersebut sebagai berikut: Masjid Agung Al Muwahiddin Kota Bima dengan khotib Abdul Haris, S.Pdi dan Imam TGH. M. Sidik Idris, M.Pd. Lapangan Pahlawan Raba dengan khotib Dr. H. Kaharuddin dan imam Dr. Muhammad Hisyam, M.Pd. Kemudian halaman Kantor Walikota dengan khotib Islamuddin, S.Pdi dan imam Budiman Hasan, S.Pdi. Lapangan Manggemaci dengan khotib H. Dedi Wahyudi, SKM dan imam Muhammad Ali, S.Ag. Halaman SMKN 2 Kota Bima dengan khotib M. Said, S.Pdi dan imam Ahmad Azka Fuad, SQ. Halaman Terminal Kumbe dengan khotib Mustafa Umar, M.Pd dan imam Dimas Hendrawan.  Halaman SMKPPN Jatiwangi dengan khotib Abdul Hamid, S.Pdi dan Imam H. Syafruddin, S.Hi. Lapangan Serasuba dengan khotib Zulkarnain, S,Pdi dan imam Zainuddin, S.Pdi. dan lokasi terakhir Lapangan Ksop/Pelabuhan Bima dengan khotib Rahmat Fitrah, LC dan imam Nasriadi”, ungkap Aji Furqan, sapaan akrab Drs. H. Furqan Ar Roka.

Sementara untuk pelaksanaan takbir Idul Fitri, lanjut Furqan, agar dilaksanakan di masjid, musholla atau di rumah masing-masing untuk menghindari euforia massa pada malam hari.

Apabila ada takbir keliling di kampung-kampung atau kelurahan agar berkoordinasi dengan aparat keamanan dengan tetap menjaga ketertiban, menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan menjaga ukhuwah Islamiyah dan tidak melakukan euforia yang berlebihan yang kira-kira bisa merusak nilai-nilai kefitrian kita”, harapnya.

Tidak lupa juga Sekretaris PHBI Kota Bima ini menghimbau kepada umat Islam agar lebih mengoptimalkan zakat, infaq dan sedekah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat.

Mari kita menunaikan zakat, infaq, dan sedekah melalui amil zakat setempat yang telah diberikan amanat untuk tugas tersebut”, himbau Aji Furqan menutup keterangannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *