Masyarakat Desa Penimbung Dilatih P3KE Bidang Keterampilan Teknis Cukur

Hello sahabat Koperasi dan UMKM NTB, Kepala Dinas Koperasi UKM NTB Ahmad Masyhuri,SH membuka Diklat Kewirausahan Dibidang Keterampilan Teknis Cukur Bagi P3KE (Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem) Angkatan 1 di Kabupaten Lombok Barat tepatnya di Aula Kantor Desa Penimbung. (01/10/2024)
Diklat P3KE yang digelar oleh UPTD Balatkop UKM NTB ini diikuti oleh 30 orang peserta berasal dari wilayah desa Penimbung Kabupaten Lombok Barat. Dan dihadiri oleh Kadiskop UKM Kabupaten Lombok Barat Drs.Muhamad Hendrayadi, Pejabat Eselon III Diskop UKM NTB, Kepala UPTD Balatkop UKM NTB, Camat Gunung Sari, Kepala Desa Penimbung yang diwakili Sekretaris.
Ahmad Masyhuri dalam sambutannya mengatakan berdasarkan data dari Bappeda NTB wilayah di Desa Penimbung masih terdapat masyarakat yang tergolong dalam P3KE, atas dasar itu program Diklat ini dilaksanakan di Desa Penimbung, sehingga kedepannya masyarakat penimbung bisa meninggkat kesejahteraannya, usai Diklat bisa langsung kerja.
Ditambahkan Ahmad Masyhuri, diklat P3KE ini juga dilaksanakan dibeberapa kabupaten selain diklat keterampilan kerajinan tangan , juga keterampilan pijat dengan harapan pesertanya bisa kerja langsung dan tidak menganggur lagi.
“ikuti diklat dengan sungguh sungguh, nanti dievaluasi, apakah usai diklat dikerjakan atau tidak, jika diklat ini sukses insyaAllah akan di gelar lagi diklat di penimbung”. Kata Masyhuri.
Kepala Dinas Koperasi UKM Lombok Barat Drs.Muhamad Hendrayadi mengatakan usai peserta diklat kedepannya mungkin bisa dikerjasamakan dengan pondok pesantren dan di pendidikan anak sekolah SD perihal cuku mencukur rambut anak-anak sekolah, semisal hitugan bisnisnya sekali cukur 10.000 rupiah perorang.
“InsyaAllah nanti saya komunikasikan dengan Kadisdikbud, mungkin saja ada program cukur pada hari jumat”. Kata Hendrayadi
Hendrayadi berharap kepada peserta diklat yang diberikan kesempatan menimba ilmu tentang keterampilan cukur ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.
“Kami tidak janji tapi kami usahakan semua yang sudah dilatih baik yang Diskop UKM Provinsi dan Lombok Barat harus berkelanjutan, jangan sekali dilatih langsung menghilang tapi ilmunya harus ditingkatkan, kami nanti diskusi dengan teman-teman DPR Lombok barat yang baru, mudahan bisa menjadi tukang cukurnya anggota DPR”. Ujar Hendrayadi
Sementara itu, KTU UPTD Balatkop sekaligus panitia diklat dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diklat ini adalah untuk meningkatkan SDM P3KE agar bisa memenuhi kebutuhan diri dan keluarga yang layak serta memberi nilai tambah untuk daerah. Selain agar mampu mmpraktekkkan teknis cukur secara mandiri, kretaif, inovatif dan professional.
Diklat dilaksanakan dari tanggal 1 – 4 Oktober 2024 di Desa Penimbung kKecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. (Tim PPID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *