PLUT KUMKM Diskop UKM NTB Sinergitas Dengan Kemenkop & UKM RI dan Kompas

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar Plut Educational Center (Plutec) “Workshop Penulisan Konten Digital Bagi KUMKM” di PLUT KUMKM NTB secara offline dan online se indonesia berkerjasama dengan kompas.com dan PLUT KUMKM Dinas Koperasi UKM NTB. Workshop secara offline diikuti oleh 30 orang pelaku UMKM se Pulau Lombok dan Pendamping PLUT KUMKM NTB. (16/07/2022)

Sebagai tuan rumah, Kepala Dinas Koperasi UKM NTB Ahmad Masyhuri,SH menyampaikan Alhamdulillah dan berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI atas pelatihan konten digital yang dilaksanakan di PLUT KUMKM NTB bekerjasama dengan kompas.com.

“Alhamdulillah sangat membantu kita di Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka meningkatkan kemampuan UKM untuk meningkatkan nilai tambah bagi produknya. Ke depan Insya Allah kita akan kembangkan program ini karena memang salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing UMKM adalah dengan cara memberikan pelatihan membuat cerita tentang sebuah produk atau bahasa kerennya story telling tentang produknya. Produknya  dikenal kemudian orang tertarik untuk membelinya dan kemudian dari cerita yang menarik itu kemudian bisa meningkatkan nilai harganya”. Ujar Ahmad Masyhuri

Ahmad Masyhuri mengajak kepada UKM semuanya tanpa kecuali supaya berbuat hal yang sama yakni membuat cerita-cerita tentang produknya. Menurut Ahmad Masyhuri  jika sebuah produk tidak diceritakan  dan disosialisasinya, produk tersebut  tidak ada pengaruhnya kepada konsumen. Untuk itu kepada pelaku UKM diajak untuk melakukan gerakan serupa sehingga nantinya begitu produknya  sudah dikenal otomatis harganyapun meningkat dan penjualannya nanti akan bisa lebih massif dan lebih luas.

Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kementerian Koperasi UKM RI Irwansyah Putra usai membuka Workshop Penulisan Konten Digital Bagi Koperasi dan UMKM mengatakan output yang diharapkan bahwa kegiatan ini bagian dari kolaborasi peta Helix , berkolaborasi antara pemerintah dengan media, untuk bagaimana pelaku UMKM punya kemampuan bernarasi yang baik membuat konten media digital atau pemasaran produk mereka kepada guru yang benar dalam hal ini Kemenkop dan UKM RI berinisiatif mengundang Kompas untuk datang ke pulau di NTB agar pelaku pelaku UMKM ini bisa menulis dengan baik sehingga dengan tulisan yang baik mereka tahu value atau nilai dari produk itu, baik itu sejarahnya, bagaimana pengolahannya sehingga Bagaimana kata-kata yang baik untuk pemasaran sehingga tidak sekedar menjadi iklan bagi produk mereka tapi juga promosi bagi daerah itu sendiri.

“Inilah makanya kita gandeng media utama di Indonesia dalam hal ini Kompas kita bawa ke NTB, mudah-mudahan ini membawa berkah bagi NTB karena selama ini kan kita membawa para EO, Industri ke NTB sekarang ini kita bawa tahap lanjut kita bahwa media. Bagaimana UKM UKM binaan binaan Kementerian binaan Dinas Koperasi Provinsi NTB ini bisa muncul di Kompas. dengan kita latih mereka menulis dengan baik nanti produk mereka ini akan muncul di Kompas ketika muncul di Kompas seluruh Indonesia akan baca dan mudah-mudahan ini akan menjadi berkah bagi Provinsi NTB, untuk semakin dikenal lagi tidak hanya sekadar wisatanya tapi juga menjual produk-produk UMKMnya”. Kata Irwansyah

Ditambahkan Irwansyah, story telling produk UMKM ini juga nanti akan muncul diendorse di website Kementerian dan juga di berbagai media media sosial di seluruh pelaku UMKM dan di 74 Plut seluruh Indonesia.

“jadi masing-masing daerah ini saling menggambarkan produk-produk daerah-daerah tetangga dan ini bukan gak mungkin nanti dari Aceh ke Medan atau Plutt dari Manado itu jalan-jalan study banding  ke NTB, bagaimana pelaku UMKM di NTB terkait penulisnya, pengelolaan Plutnya itu yang Kita harapkan”. Papar Irwansyah

Lanjut Irwansyah, kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan Kompas ini laksanakan di 4 kota di Indonesia yakni 4 Plut. Kegiatan perdana dimulai di Kabupaten Kendal  Jawa Tengah, kedua dilaksanakan di kota Medan Sumut dan sekarang yang ketiga dilaksanakan di NTB serta  yang keempat, terakhir  akan dilaksanakan di Kota Ternate Maluku Utara.

Dalam kegaiatan Plut Educational Center (Plutec) “Workshop Penulisan Konten Digital Bagi KUMKM mengahdirkan tiga orang narasumber dari Kompas dengan materi yang berbeda pertama “UKM sebagai Motor Ekonomi Kreatif Indonesia: GLOCAL (Global Markets, Local Creativities) oleh Arum Kusumaningtyas, kedua “Mengidentifikasi Kekuatan Tema Dalam Pembuatan Storytelling oleh Bambang Jatmiko dan ketiga “Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Manajemen Media Sosial” Luthfi Kurniawan. (Abdi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *