Peringati Hari Guru Nasional, Mahasiswa Prodi Seni Tari UTS Turut Berpartisipasi Melatih Siswa Dalam Pertunjukan Tari di SMK Negeri 3 Sumbawa Besar

Sumbawa-Mahasiswa Prodi Seni Tari Fakultas Psikologi dan Humaniora Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) berpartisipasi melatih siswa SMK Negeri 3 Sumbawa Besar dalam memperingati Hari Guru Nasional tahun 2022 (25/11). Hari Guru Nasional merupakan agenda rutin tahunan yang kita peringati sebagai hari penghargaan bagi guru se-Indonesia yang telah rela dengan ikhlas memberikan pengajaran dan ilmu pengetahuan untuk seluruh peserta didik di Indonesia dengan harapan dapat membentuk generasi yang unggul serta dapat berkontribusi bagi Indonesia di kemudian hari.

Foto siswa sekaligus penari dari SMK N 3 Sumbawa Besar (Dokumentasi: Akmal, 2022)

Perayaan Hari Guru Nasional di SMK Negeri 3 Sumbawa Besar diprakarsai oleh Kepala Sekolah, Guru-guru, Staf dan Siswa. Kegiatan yang  mengangkat tema “Serentak Berinovasi Mewujudkan Merdeka Belajar”, tema ini diangkat sebagai bentuk rasa semangat guru-guru untuk terus berinovasi dan berjuang tanpa tanda jasa yang telah bersedia mengajarkan serta mendidik seluruh peserta didiknya.

Suvina S.Sn,M.Sn selaku Kaprodi Seni Tari  telah membimbing dan melatih  Mahasiswa FPH jurusan Seni Tari semester 7 sebelum melakukan transmisi terhadap siswa SMK Negeri 3 Sumbawa Besar. Beliau berharap dan  menyampaikan bahwa “Semoga tarian dengan judul Selendang Dedara Samawa yang telah mempunyai sertifikasi HKI ini tetap terus diturunkan ke generasi berikutnya, khusunya di wilayah SMK Negeri 3 Sumbawa Besar”. Tuturnya dalam wawancara. Pertunjukan ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan walaupun penari mengungkapkan tarian ini sangat menantang untuk dipelajari karena ragam gerak yang bervariasi dan tempo yang cepat sehingga siswa tertarik untuk mencoba bentuk gerak baru.

Terdapat pesan dan harapan dari Guru SMK Negeri 3 Sumbawa Besar,  Rani Julia Pratiwi,S.Pd  mengenai pertunjukan tari memperingati Hari Guru Nasional. “Saya mengucapkan terimakasih kepada UTS khususnya bu Suvina selaku pembimbing telah mengajarkan dan  memilih SMK Negeri 3 Sumbawa Besar sebagai tempat dan wadah siswa-siswa dalam mengekspresikan diri”. Ungkap Guru SMK Negeri 3 Smbawa Besar.

Seniman sekaligus Guru dan Dosen Seni Tari UTS Desy Wulan Pita Sari Damanik, S.Sn, M.Sn ikut serta menyaksikan dan bependapat bahwa “Memperingati hari guru tidak hanya sebuah perayaan, namun ada doa, kebahagiaan, dan kesempatan siswa untuk berekspresi dan  memaknai hari Guru Nasional sebagai momentum rasa terima kasih kita atas pendidikan dan pembelajaran yang telah diberikan guru-guru kita sehingga membentuk pribadi kita sebagai anak bangsa menjadi cerdas dan berakhlakul Karimah”.

“Semoga bentuk apresiasi seni  di SMK Negeri 3 Sumbawa Besar dapat menghasilkan sebuah pendidikan karekter yang baik dan  tetap dilestarikan pada Hari Guru Nasional bahkan di peringatan-pringatan lainnya di sekolah. Selamat Hari Guru Nasional Jaya Selalu Guru Indonesia dan selalu menjadi pahlawan terdepan dalam membentuk generasi muda Indonesia yang cerdas secara Intelektual, emosional, spiritual, dan adversity“. Tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *