Pemkot Mataram Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM)

Mataram –Dalam rangka menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Kota Mataram, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram melalui Dinas Ketahanan pangan Kota Mataram bersama Badan Pangan Nasional menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak. Kegiatan yang juga merupakan bagian dari peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan upaya nyata dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di Tanah Air. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram, H. Lalu Johari, saat kegiatan ini digelar di Lingkungan Pelita, Kelurahan Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, pada Senin (16/10/23).

“ Alhamdulillah, Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan Masyarakat saat ini, dikarenakan mampu mempermudah Masyarakat Kota Mataram dalam mengantisipasi kelangkaan stok serta harga pangan yang tinggi “. Ungkapnya

Menurutnya, Kegiatan GPM Serentak ini merupakan langkah progresif yang diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional, dengan tujuan memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat.

Melalui GPM Serentak, masyarakat diharapkan dapat memperoleh harga pangan yang terjangkau dan berkualitas. Selain itu Johari menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu, Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Bulog secara Nasional melaksanakan pembagian Beras yang namanya Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima Bantuan Pangan, mengatasi masalah kerawanan pangan, kemiskinan, stunting, dan gizi buruk, serta melindungi produsen dan konsumen serta mengendalikan dampak inflasi.

“ Alhamdulillah Kami telah melaksanakannya sebanyak 3 Kali dan mampu mengendalikan inflasi di Kota Mataram”. Pungkasnya.

Melalui Siaran Dalam Jaringan (Daring), Kepala Badan Pangan Nasional H. Arief Prasetyo Adi menandai dimulainya serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Dalam implementasinya, GPM Serentak dilaksanakan oleh Dinas yang menangani urusan pangan di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, Kepala Badan Pangan Nasional H. Arief Prasetyo Adi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Gerakan Pangan Murah Serentak ini, guna membangun masyarakat yang sehat dan sejahtera dengan akses pangan yang memadai.

“ Melalui kerja sama yang kuat, diharapkan dapat tercipta sistem pangan yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi Masyarakat yang membutuhkan”. Tuturnya dalam daring tersebut.(TK-Diskominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *