BINDA NTB Gelar Vaksinasi Massal Di 4 Wilayah Sebanyak 2.000 Dosis

Lombok Barat – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Nusa Tenggara Barat terus mengejar cakupan vaksinasi Covid-19 secara massal. Kegiatan vaksinasi menyasar anak usia 6 hingga 11 tahun dan masyarakat umum untuk vaksinasi dosis Ketiga  atau booster.

Kepala Binda NTB, Wara Winahya mengatakan vaksinasi hari ini digelar di 4 wilayah Kota dan Kabupaten di Provinsi NTB dengan target vaksinasi yang dilakukan Binda NTB sebanyak 2.000 dosis.

“Sementara Lokasi vaksinasi meliputi Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur dan Dompu,” ujar Wara dalam siaran persnya, Kamis (10/2) di Mataram.

Adapun jenis vaksin yang digunakan untuk anak usia 6 hingga 11 tahun, yaitu jenis Sinovac yang telah mendapatkan izin dari BPOM. Sedangkan untuk vaksin dosis 3 atau booster disiapkan jenis AstraZeneca, Moderna dan Pfizer khusus untuk beberapa titik di wilayah Kab. Lombok Timur dan Dompu.

Merujuk pada data Satgas Covid-19 NTB per tanggal 9 Februari 2022 telah terjadi peningkatan kasus cukup signifikan hingga 446 kasus baru. Oleh karena itu Binda NTB juga mengimbau kepada masyarakat untuk taat protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi, agar varian jenis Omicron tidak menyebar.

“Pemerintah tetap mengingatkan kembali pentingnya protokol kesehatan untuk dan tidak berpergian keluar negeri serta membatasi aktivitas di luar rumah,” kata Wara.

Sementara itu, terpisah Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyesehatan Lingkungan P3PL Dinas Kesehatan Lombok Barat dr. Ahmad Taufiq Fathoni yang juga Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi Lombok Barat menyampaikan apresiasinya kepada BINDA NTB yang telah memberikan support vaksin dalam mendukung percepatan vaksinasi di Lombok Barat, baik vaksiansi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun , dan bagi masyarakat umum.

“Kami dari bidang P3PL bagian pencegahan penyakit, dengan adanya vaksin BIN Di Lombok Barat, Kami sangat bersyukur, karena Kami ada tambahan stok vaksin, sehingga dosis vaksin di Lombok Barat tidak pernah kekurangan vaksin” akuinya.

Hal senada juga di ungkapkan Mukrim S.Pdi, Kepala Madrasah Ibtida’iyah Nurul Karim Desa Kebon Ayu Gerung Lombok barat, tempat di laksanakannya vaksin bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.

Mukrim menyampaikan rasa terimakasihnya kepada BINDA NTB yang bekerjasama dengan Tenaga Kesehetan Dinas Kesehetan Lombok Barat melalui Puskesmas Gerung yang telah memberikan vaksinasi kepada anak didiknya, sebagai upaya untuk mendukung pembelajaran tatap muka di sekolahnya.

“Alhamdulillah Kami dari Madrasah Ibtida’iyah Nurul Karim bisa melaksanakan vaksinasi ke dua bagi anak-anak, sebagai syarat di laksanakannya tatap muka secara penuh, jadi terima kasih kepada tim kesehetan yang bekerjasama dengan BINDA NTB, memfasilitasi kegiatan ini” Jelasnya.

Berdasarkan data Badan Inteligen Negara BIN, pada tahun 2022 ini mendapat 25 juta dosis yang di sebar di seluruh Provinsi di Indonesia, dan untuk wilayah NTB mendapatkan jatah 500 ribu dosis.. (Tim KM Lobar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *