Hari Migran Internasional

Alhamdulillah, mewakili Gubernur NTB – Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah, mendampingi Menteri Tenaga Kerja – Ibu Dr. Dra. Hj. Ida Fauziah MSi menghadiri acara puncak peringatan Hari Migran Internasional yang diadakan di komplex BPVP Lenek Lombok Timur NTB. 18.12.2022.

Acara berthema : Pekerja Migran Indonesia, Bangkit Bekerja, Indonesia Jaya. Dihadiri 2.500 orang peserta PMI dari berbagai daerah. Pada moment tersebut Menteri Ketenagakerjaan RI, Dr.Hj. Ida Fauziyah meresmikan terbentuknya Unit Layanan Disabilitas sektor Ketenagakerjaan Disnakertrans NTB serta menganugerahkan “Indonesian Migrant Worker Award 2022” kepada Pemerintah Daerah, perusahaan P3MI, PMI Purna yang menginspirasi karena sukses membangun usaha, Satgas Perlindungan PMI, Atase ketenagakerjaan, LTSA dan Media Cetak/elektronik, yang telah memberikan layanan perlindungan, keperdulian dan prestasi terbaik terhadap PMI.

Indonesian Migrant Worker Award 2022 tersebut meliputi 12 kategori dan dianugerahkan kepada 15 orang penerima perorangan dan lembaga. Provinsi NTB meraih 5 kategori dari 12 kategori pada Indonesia Migrant Worker Award 2022, yang menunjukkkan bahwa kerja2 kolaboratif dan ikhitiar2 di bidang ketenagakerjaan telah menunjukkan progres dan kinerja yang baik.

Kotegori tersebut diantaranya:

  1. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB Terbaik dalam Memberikan Pelayanan Penempatan dan Pelindungan PMI diterima oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  2. Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Daerah Asal PMI Terbaik dalam Layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Satuan Tugas Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kab. Lombok Timur
  3. Desa Desmigratif dan Desa Perduli Pekerja Migran Indonesia diterima oleh Desa Gelogor, Kec. Kediri, Kab. Lombok Barat.
  4. Pekerja Migran Indonesia Purna penempatan berprestasi II : Asmuni (Pemilik usaha Rumah Makan Sukma Rasa) yang telah berhasil membuka cabang usaha di sejumlah Kabupaten/kota dan mempekerjakan 130 orang tenaga kerja.
  5. Media Cetak yang mendukung program pelindungan Pekerja Migran Indonesia: Suara NTB.

Selamat…kepada para champion. Selamat dan terima kasih kepada para pekerja migran Indonesia asal NTB. Para pahlawan devisa yg remitansinya berkontribusi untuk akselerasi pembangunan NTB.

Bila diri masih bujangan….
Tak terlarang berjalan jalan…

Andai pergi jadi pekerja migran….
Semoga pulangnya bisa jadi juragan…

Aamiin YRA (H.Lalu Gita Ariadi – Sekda NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *