Gerakan Pangan Murah, Mendukung Kebutuhan Ketersediaan Bahan Pokok Harian Masyarakat

Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi tahun 2023, menjelang kegiatan Keagamaan yakni, Maulid Nabi besar Muhammad SAW, yang akan berlangsung selama satu bulan penuh di Kota Mataram, Pemerintah Kota Mataram berkerjasama dengan Bank Indonesia
Provinsi NTB, mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) di tiga titik lokasi yang berbeda selama tiga hari, untuk hari pertama ini dilakukan di depan Masjid Al Istiqomah Karang Anyar, Kelurahan Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram, pada Senin (25/09/23).

Menjadi ibu Kota Provinsi NTB dan daerah barometer inflasi, membuat Kota Mataram memiliki wilayah yang sensitive dengan gejolak harga pangan, sehingga perlu dilakukan kegiatan GPM ini secara massif, agar optimalnya pelaksanaan GPM ini maka dilibatkan stakeholder terkait seperti Perum Bulog,
ID FOOD, Petani atau Distributor dan pelaku usaha pangan lainnya.

Adapun bahan pangan yang disedikan antara lain beras, gula, bawang putih, bawang merah, daging sapi, daging ayam ras, cabai rawit, telur ayam ras dan minyak goreng serta komoditas pangan lainnya.

Menurut salah satu warga yang datang langsung ke lokasi mengatakan, kegiatan seperti ini lebih sering lagi diadakan, mengingat kenaikan harga pangan yang cukup signifikan akhir-akhir ini.

“ya kita bersyukur dengan adanya kegiatan seperti ini bisa sanggat membantu apa lagi bagi para pedagang kecil seperti saya apalagi seringsering diadakan ya minimal 3 bulan 1x mungkin,” ungkap Ibu Ida yang berasal dari lingkungan punia jamak, kelurahan punia.

Kegiatan GPM ini dilaksanakan antara pukul 08.00 Wita s.d selesai dan dilakukan ditengah masyarakat untuk mempermudah akses, dengan memberikan harga jual yang lebih murah dari harga dipasar. Kegiatan ini juga dilakukan untuk membantu meringankan masyarakat di tengah naiknya beberapa bahan pangan pokok, apalagi menjelang hari Maulid ini terjadi peningkatan kebutuhan Masyarakat yang cukup signifikan.

Adapun untuk jadwal kegiatan GPM yang berlangsung selama tiga hari antara lain, Senin 25 September 2023, berlokasi di depan Masjid Al Istiqomah Karang Anyar, Kelurahan Pagesangan Timur, Kecamatan Mataram.

Selanjutnya pada hari kedua yaitu, Selasa, 26 September 2023, berlokasi di Kantor Lurah Cakranegara Utara, Kecamatan Cakranegara, Jln. Gora N0. 25. Terakhir pada hari, Rabu, 27 September 2023, berlokasi di Lapangan Badminton Gang Kuburan Jl. Jaya Lengkara Babakan, Kelurahan Babakan,
Kecamatan Sandubaya.(TK-Diskominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *