PL KUMKM – SIDT

Hello sahabat Koperasi dan UMKM NTB..”Pada minggu lalu saya mengikuti Rakor Pendataan Lengkap KUMKM atau SIDT(system Informasi Data Tunggal) selama 4 hari di Denpasar Bali dalam rakor kita diminta bersurat untuk mengakses hasil pendataan SIDT yang sudah di launching oleh Menteri Koperasi, walaupun Kementerian juga masih menunggu rumusan hasil pendataan dari BPS terkait pendataan disektor pertanian tahun 2022”. Demikan disampaikan oleh Sekretaris Diskop UKM NTB saat memimpin apel pagi dihalaman Diskop UKM NTB. (27/11/2023)

Kata Sekdis, setelah bersurat, nantinya Dinas akan memperoleh User dan Password agar bisa mengakses data SIDT. User dan Paswoord sendiri akan dipegang oleh Kadis dan menunjuk atau mempercayakan salah satu Admin di Dinas agar bisa mengelola data tersebut.

Sekdis menambahkan bahwa dalam sambutan Menteri Koperasi saat Rakor, Menteri Koperasi mengingatkan untuk menyambut Indonesia menjadi negara negara maju pada tahun 2045, dan kita diminta untuk sedikit menggeser pola kita di dalam membentuk dan melaksanakan program program UKM bahwa Kementerian sudah tidak lagi menitik beratkan UKM pada produksi makanan seperti Jajanan Kering atau Produksi Tenun dan lain sebagainya, akan tetapi Kementerian akan mengalihkan ke home industry yang lebih meningkat seperti pembuatan Sparepart sepeda motor atau mobil seperti Kampas Rem, Kopling dan lain-lain.

Untuk itu Kata Sekdis, untuk mencapai program tersebut harus ada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), InsyaAllah Bapenas dan Kementerian akan mempersiapkan apa yang akan menjadi program tersebut.

Lanjut Sekdis, usai mengikuti Rakor dilanjut rapat dengan BPKAD dimana pagu anggaran Dinas dipatok sekitara 23,33 M, mudahan dengan dana yang ada tersebut tidak mengurangi semangat kita untuk melaksanakan program yang sudah disusun.

“InsyaAllah pekerjaan akan menjadi mudah dan lancar apabila kit aitu bekerja didasari dengan niat yang ihklas, kompak dan slaing support antara bidang yang satu dengan yang lainnya”. Tutup Sekdis (Tim PPID Diskop UKM nTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *