Guru MAN 1 Bima Terima Penghargaan Juara 2 Lomba Desain Grafis Hakordia Tingkat Nasional 2023 di Jakarta

Jakarta – M. Zainul Hasan, S.Pdi, guru pengampu mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bima terpilih sebagai Juara 2 pada Lomba Desain Grafis (Poster) HAKORDIA Tingkat Nasional 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) Tahun 2023.

Saya terpilih sebagai Juara 2 pada lomba dimaksud. Saya menerima undangan untuk menghadiri pemberian penghargaan Lomba  HAKORDIA 2023 di Jakarta”, ucapnya.

Pemberian penghargaan Lomba  HAKORDIA 2023 tersebut telah dilaksanakan pada Malam Pembukaan Workshop Penguatan  Integritas  ASN Kementerian Agama RI di Asrama Haji Jalan Raya Pondok Gede, Pinang Ranti, Makasar, Kota Jakarta Timur, Jakarta 13560, Rabu, 6 Desember 2023 lalu.

Hadiah berupa plakat, piagam penghargaan, dan uang tunai. Semuanya diserahkan oleh pejabat Kemenag RI kepada seluruh peserta lomba yang disaksikan oleh Menag RI, pejabat Kemenag RI, dan seluruh peserta kegiatan”, ungkapnya.

Dikatakannya, Inspektur Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan perlombaan. Kegiatan yang mengusung tema “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju” ini diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia.

Ada 3 mata lomba, yaitu Policy Brief Pengawasan Itjen Kemenag diperuntukkan bagi peserta ASN Itjen Kemenag, Lomba Desain Infografis (Poster) diperuntukkan bagi peserta ASN Kemenag, dan Lomba Video Pendek diperuntukkan bagi peserta siswa madrasah dan mahasiswa  pendidikan  tinggi keagamaan.  Lomba Video Pendek dibagi ke dalam 2 kategori, yakni MTs dan MA untuk kategori 1 dan mahasiswa  pendidikan  tinggi keagamaan untuk kategori 2.

Periode lomba, lanjutnya, mulai tanggal 10 November sampai dengan 29 November 2023. Sementara untuk pengiriman hasil karya dillakukan secara online ke alamat email panitia.  

Saya mendesain sendiri posternya. Saya punya sedikit skill dalam menggambar, Saya buat sketsanya dulu di HP. Kemudian di-create dengan A1 dan saya edit di Pixel Lab”, ucap Zainul menjelaskan.

Zainul menyatakan bahwa hasil karya harus disesuaikan dengan tema yaitu “Sinergi Berantas Korupsi, Untuk Indonesia Maju: Say No To Corruption”. Kata-kata yang dicantumkan pada poster hasil karyanya berbunyi: KORUPTOR adalah SAMPAH NEGARA: If You Don’t Want To Be Trash “Say No To Corruption”.

Pesan yang ingin saya sampaikan melalui poster tersebut ialah koruptor seperti sampah. Adakalanya sampah itu bisa didaur ulang dan memberikan manfaat (koruptor yang taubat nasuha, dimiskinkan mulai dari nol, berusaha bangkit dengan cara yang baik dan dapat memberikan manfaat buat orang lain Jika tak bisa didaur ulang, sebaiknya dimusnahkan, karena akan menjadi sumber penyakit bagi sekelilingnya (koruptor yang sudah dipenjara, keluar penjara masih juga korupsi)”, terang guru Akidah Akhlak di MAN 1 Bima ini.

Untuk persyaratan Lomba Desain Infografis (Poster) ialah perwakilan masing-masing satker 1 orang, peserta merupakan ASN Kementerian Agama, karya sendiri yang  belum pernah dipublikasikan dan  belum pernah dipakai lomba apapun, tema  harus sesuai dengan HAKORDIA, poster ukuran  A3 tanpa garis tepi, format PNG, menggunakan  aplikasi   umum   (Corel   Draw,   Adobe   Photoshop,  Adobe Illustrator, Canva, dan  lainnya), file dapat dikirim melalui alamat email: https://bit.ly/PengumpulanDesainGrafisHAKORDIA, dan maksimal dikumpulkan tanggal 29 November 2023.

Untuk diketahui, para pemenang Lomba Desain Infografis (Poster) terpilih 3 terbaik sebagai berikut: Juara 1 Aris Sukardi (MTs Negeri 1 Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan), Juara 2 M. Zainul Hasan (MAN 1 Bima Provinsi NTB), dan Juara 3 Yandi Hafizallah (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Provinsi Bangka Belitung).  (NR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *