KKN PMD Universitas Mataram Gelar Penyuluhan dan Pembuatan Pupuk Organik dari Kotoran Sapi untuk Menjaga Kesuburan Tanah Pertanian di Desa Lenting

KKN PMD Universitas Mataram 2023/2024 menggelar penyuluhan dan pembuatan pupuk organik di Desa Lenting, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur pada tanggal 6 Januari 2024. Bahan organik yang dipilih sebagai bahan utama pupuk yaitu kotoran sapi.

Penyuluhan tersebut dihadiri oleh staf desa beserta warga desa. Pengisi materi pada penyuluhan yakni Lalu Muhammad Abdul Hakim S.Pt  yang merupakan alumni dari Universitas Mataram dan saat ini bekerja di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB sebagai fungsional ahli utama pengawas mutu pangan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan pupuk yang terbuat dari bahan organik serta menjelaskan pentingnya menggunakan pupuk organik kepada masyarakat agar kedepannya kegiatan pertanian di Desa Lenting dapat dilakukan menggunakan pupuk organik untuk menjaga kesuburan tanah pertanian di Desa Lenting.

Kegiatan dimulai dengan melakukan penyuluhan mengenai mengapa harus menggunakan pupuk organik, bagaimana perbedaan tanah yang menggunakan pupuk organik dan pupuk kimia. Kemudian dilanjutkan dengan membuat pupuk secara langsung bersama warga Desa Lenting.

Penyuluhan pupuk organik dari kotoran sapi di rumah warga Desa Lenting

Proses pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi bersama warga Desa Lenting

Kegiatan ini mendapat perhatian serta antusias dari warga desa. Ketua KKN PMD Desa Lenting, Al Munawar mengatakan, kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Desa Lenting sehingga nantinya penjelasan tentang cara pembuatan pupuk organik dapat dipraktikan oleh warga desa untuk kegiatan pertanian di Desa Lenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *