MAN 2 Kota Bima Sukses Gelar Karya P5PPRA Kurikulum Merdeka Belajar

Kota Bima – MAN 2 Kota Bima telah menerapkan pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Pada pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar terdapat kegiatan yang disebut Gelar Karya P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Khusus untuk sekolah-sekolah di bawah naungan Kementerian Agama RI, yakni madrasah lebih dikenal dengan nama Gelar Karya P5PPRA atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin. Kegiatan Gelar Karya P5PPRA merupakan kegiatan puncak dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.

Oleh karena itu, Sabtu (24/02/2024) pagi ini, MAN 2 Kota Bima menggelar kegiatan Gelar Karya P5PPRA bagi seluruh siswa kelas X (Sepuluh). Seluruh siswa kelas X yang berjumlah 12 kelas menggelar hasil karya, seperti: aneka kuliner dan yang lainnya. Setiap kelas menggelar hasil karya di stand yang telah disediakan oleh pihak madrasah. Untuk ajang promosi dan menarik perhatian para pengunjung, setiap stand memasang banner yang tercantum menu beserta harganya.

Dengan mengusung tema “Get Ready To Be A Young, Creative And Innovative Entrepreneur In Digitalization Era”, kegiatan dihelat di lapangan madrasah setempat di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 2 Kota Bima.

Kepala MAN 2 Kota Bima Muslihah, S.Pd menyatakan, P5PPRA merupakan kegiatan puncak dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Kegiatan P5PPRA digelar hanya satu kali dalam satu tahun di saat menjelang akhir semester genap. Kegiatan gelar hasil karya siswa dibuka juga untuk umum.

“Pengunjungnya bukan hanya dari MAN 2 Kota Bima, banyak juga dari sekolah lainnya. Ada juga masyarakat umum yang membeli hasil karya siswa. Karena kami mempromosikan kegiatan ini ke berbagai media sosial. Siswa sangat antusias karena rata-rata semuanya ludes terjual habis. Hal ini sangat menggembirakan”, ungkap Muslihah.

Gelar Karya P5PPRA, lanjutnya, mendapatkan dukungan penuh dari Fasilitas Daerah (Fasda) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Kementerian Agama RI.  Guru MAN 2 Kota Bima yang merupakan Fasda PKB Guru Madrasah Kemenag RI yang terlibat dalam kegiatan ini,, yakni: Ayu Rahayu, M.Pd, Fasda Matematika, Erni, M.Pd, Fasda Bahasa Inggris, Maraatussoaliha, S.S, Fasda Bahasa Indonesia, dan dibantu oleh Muhammad Johanuddin, S.Pd yang merupakan guru Matematika.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Berkat kerjasama yang baik dan komunikasi aktif dari berbagai pihak, sehingga kegiatan berlangsung lancar dan sukses sesuai yang diharapkan bersama”, tutup Kepala MAN 2 Kota Bima ini.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *