Dinas Ketahanan Pangan NTB Gelar GPM untuk Menekan Inflasi Daerah

Mataram-Dalam rangka mengendalikan inflasi daerah sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan, Dinas Ketahanan Pangan NTB terus gencar menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), bertempat di halaman depan Aula Graha Bakti kantor Gubernur NTB, Mataram (10/7/24). Diketahui, GPM ini dalam rangka memeriahkan HUT Hari Kesatuan Gerak (HKG) dan Rakor PKK ke 52 tingkat provinsi NTB tahun 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, H. A. Aziz, SH., M.H., mengatakan, bahwa Gerakan Pasar Murah ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam memastikan akses pangan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat NTB.

“GPM ini sebagai salah satu cara mendekatkan pelayanan untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

“Kami berupaya menjaga stabilitas harga pangan dan secara ekonomi mampu menekan inflasi daerah melalui kegiatan ini,” jelasnya.

Disebutkan juga, GPM menyediakan berbagai bahan pokok seperti beras, daging ayam, minyak goreng, gula, telur, bawang merah, bawang putih, frozen Food dan sayuran serta bahan pokok lainnya dengan harga yang disubsidi.

“Program GPM ini melibatkan berbagai mitra seperti Bulog, Bank Indoensia, Dinas pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan termasuk UMKM Lokal setempat dan distributor pangan, yang turut berperan dalam menyediakan stok barang berkualitas dengan harga lebih rendah dan terjangkau,” ujarnya.

Abdul Aziz juga mengajak kepada masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok itu yang dengan cara yang bijak. Walaupun pihaknya tidak membatasi penjualan tapi jangan membeli dengan jumlah banyak kemudian disimpan dengan alasan bahan pangan terbatas.

Diwaktu yang sama, Rauhul Jannah salah satu honorer di Pemprov NTB menyampaikan terimakasih Dinas Ketahanan Pangan mengggelar GPM di depan Aula Graha Bakti kantor Gubernur.

“Ini menjadi kesempatan bagi pegawai ASN dan honorer lainnya untuk membeli kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau. Saya juga membeli beberapa kebutuhan diantaranya ada Minyak Goreng, Gula dan Beras termasuk teman-teman lainnya,” ungkapanya. (san/her/diskominfotik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *