Hadiri HUT Koperasi ke-77, Pj Gubernur Dorong Keperasi Makin Maju dan Lahirkan Wirausaha Mandiri

Pj Gubernur NTB, Hassanudin menghadiri tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-77 tahun 2024, bertempat di halaman depan kantor Dinas Koperasi dan UKM Prov NTB, Mataram (12/7/24).

Pj Gubernur mendorong dan memberikan dukungan untuk kemajuan koperasi agar lahir wirausaha-wirausaha yang baru mandiri secara ekonomi melalui jalur koperasi.

“Kita sama-sama ingat masa pandemi covid-19 keadaan ekonomi terpapar cukup keras yang berdampak secara menyeluruh. Sehingga perekonomian kita lebih cepat pulih dibandingkan dengan negara-negara lain karena perekonomian kita didukung oleh koperasi,” jelasnya.

Ditambahkan, Pj Gubernur, banyak hal yang bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan koperasi ini harus masuk ke semua lini dalam mendukung ekonomi kerakyatan.

“Jadi, apa yang sudah baik ini dapat kita tingkatkan dan teruskan sehingga menjadi penyumbang ekonomi terkuat dan teruji,” pungkasnya.

Sementara itu, kepala dinas Koperasi dan UKM NTB, Ahmad Mashuri menyampaikan pada peringatan hari koperasi nasional ke-77, koperasi di NTB pada tahun 2024 meningkat signifikan yang terdiri dari ribuan koperasi.

“Jadi koperasi ini menjadi penyumbang dari perputaran ekonomi kita karena mereka memiliki modal 1,5 T sehingga cukup berpengaruh pada perputaran ekonomi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ahmad Mashuri, Dinas Koperasi memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang saat ini sedang merevitalisasi pembangunan sebagai tempat pendampingan bagi pelaku UMKM, memberikan akses dan lainnya.

Untuk diketahui, Dinas Koperasi dan UKM NTB mengintervensi melalui Diklat P3KE
(Penyitas Kemiskinan Ekstrem) terdiri dari pelatihan Keterampilan Teknis Kerajinan Tangan bambu dan pelatihan keterampilan teknis pijat. Adapun pesertanya sebanyak 60. Sehingga diharapkan dengan pelatihan tersebut memiliki keterampilan yang mumpuni dan siap bekerja untuk menekan angka pengangguran di NTB.

Turut hadir diantaranya, Asisten ll dan lll Setda NTB, Kepala Dinas Perdangan, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala Bapenda, Karo Ekonomi dan tamu undangan lainnya.(san/dyd/diskominfotik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *