FGD Finalisasi Penyusunan Juknis APHT

Hello sahabat Koperasi dan UMKM NTB, Kabid Pembinaan Koperasi Drs.H.Muksin,MM mewakili Kadiskop UKM NTB dalam kegiatan FGD Finalisasi Penyusunan Juknis APHT(Aglomerasi Pabrik Hasil Tembakau) Paok Motong. FGD dilaksanakan di Ruang Rapat Geopark Bappeda Provinsi NTB. (12/8/2024)

FGD ini dalam rangka mewujudkan peningkatan kontribusi industri pengolahan terhadap PDRB Provinsi NTB melalui peningkatan nilai tambah sektor industri tembakau dan telah dibangun APHT di Desa Paok Motong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur.

FBD ini juga dalam rangka pelaksanaan pendampingan pengelolaan dan pembinaan serta pengembangan APHT Paok Motong.
H.Muksin dalam paparannya menyampaikan PDRB merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur tingkat perekonomian di suatu daerah. Sedangkan Koperasi, sebagai salah satu bentuk badan usaha, memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan PDRB.

Kata H Muksin Koperasi sebagai Badan Usaha masuk dalam 3 Komponen Produksi Barang dan Jasa PDRB (Nilai Moneter) mencakup seluruh Ruang lingkup kegiatan ekonomi dianataranya:

Sektor Primer meliputi kegiatan ekonomi yang berhubungan langsung dengan alam, seperti pertanian, pertambangan, dan kehutanan.

Sektor Sekunder meliputi kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah menjadi produk siap pakai, seperti industri manufaktur dan konstruksi.

Sektor Tersier meliputi kegiatan ekonomi yang menyediakan jasa, seperti perdagangan, transportasi, komunikasi, dan keuangan.

Dari data yang ada sejumlah Koperasi di Nusa Tenggara Barat
yang memiliki sektor usaha pengolahan tembakau diantaranya:
KOPTAN JONJOK BATUR di Kabupaten Lombok Tengah merupakan contoh Koperasi yang bidang usahanya adalah Industri pembuatan rokok

KOPERASI PETANI TEMBAKAU VIRGINIA di Kabupaten Sumbawa Koperasi yang bidang usahanya adalah Industri pembuatan rokok.
KOPERASI TANI BINA USAHA di Kabuapten Lombok Tengah yang usahanya di bidang tembakau, KSU SYARIAH ATTIJAROH di Kabuapten Lombok Timur yang usahanya di bidang tembakau dan KOPTAN TEMBAKAU VIRGINIA PATUH KARYA di Kabuapten Lombok Timur yang usahanya di bidang tembakau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *