NTB Dukung Publikasi PON XXI Aceh Sumut 2024

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat, Dr Najamuddin Amy, SSos, MM menegaskan siap mendukung publikasi penyelenggaran Pekan Olahraga Nasionl (PON) XXI Aceh Sumut 2024.

“NTB siap mendukung publikasi dan penyebarluasan informasi penyelenggaraan PON ke 21 di Aceh dan Sumut”, ujarnya usai menghadiri
Zoom Meeting Publikasi dan Diseminasi Penyelenggaraan PON XXI di kantor Dinas Kominfotik, Mataram, Rabu (04/09).

Rapat yang digelar dan dipimpin Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Aang Wirasta Rofik mengatakan, Kemendagri telah melakukan sejumlah upaya untuk menyukseskan event empat tahunan ini. Salah satunya melalui Surat Edaran (SE) Mendagri tertanggal 5 Agustus 2024 berisikan anjuran kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk mendukung gelaran PON XXI.

“Dukungan tersebut dapat berupa publikasi di setiap provinsi dan kabupaten/kota, menyiapkan atlet untuk berlaga di ajang tersebut dan dukungan lainnya”, ujarnya.

Aang menambahkan, dalam konteks tersebut, pihaknya juga mengajak media massa untuk mendukung publikasi PON XXI.

Sementara itu, Tirto Prima Putra, Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Aceh menjelaskan, sekitar 563 wartawan telah mendaftar untuk meliput di Aceh. “Untuk siaran langsung dilakukan oleh MNC TV yang menyiarkan pertandingan sepak bola, voli, biliar, dan kickboxing, sedangkan TVRI akan menyiarkan pertandingan karate, wushu, dan bulutangkis,” jelas Tirto.

Ia juga menambahkan, meskipun ada beberapa cabang olahraga yang sudah ada hak siar, namun tidak ada batasan dan tetap dipersilakan untuk meliput berita dengan mengambil cuplikan gambar/video.

Ia juga mengajak seluruh pihak bekerja dengan narasi bersama, antara lain: PON adalah puncak olahraga Tanah Air dengan tujuan mencetak atlet juara dunia dari Indonesia, Memperkuat kebersamaan untuk meraih prestasi tertinggi,
Target PON XXI Aceh-Sumut 2024 sukses penyelenggaraan, prestasi, administrasi, perekonomian dan publikasi, Perpisahan masyarakat olahraga dengan masa bakti Presiden Joko Widodo – Wapres Maruf Amin, Pemersatu Indonesia di tahun Pemilu dan narasi ajakan untuk seluruh provinsi bersatu mendukung kontingennya meraih prestasi sertaa Promosi Sport Tourism dan Sport Industry.

Sedangkan Ketua Panwasrah KONI Pusat Bidang Humas Wilayah Sumut, Raja Pane memastikan persiapan Media Center Utama di Hotel Santika, Medan serta media center yang ada di sejumlah venue berikut kelengkapan sarana dan prasarana bagi media peliputan PON XXI.

Ditambahkan Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus yang Ketua Bidang Humas, Publikasi, Informasi dan Teknologi PB PON Sumut, terdapat 20 media center yang tersebar di 38 venue di Sumut dan terhubung dengan media center di Aceh.

Hadir pula dalam rapat koordinasi, Dinas Dispora NTB dan dinas terkait kabupaten/ kota se NTB dan daerah peserta PON XXI Aceh Sumut. (jm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *