Dinilai Berprestasi, Pramuka MAN 2 Mataram Diharapkan Bisa Jadi Percontohan

Mataram – Pengurus Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) gerakan pramuka gugus depan kota Mataram 077-078 ambalan Tharik Bin Ziyad dan Rabi’ah Al-Adawiyah Pangkalan MA Negeri 2 Mataram masa bakti 2024-2027 resmi dilantik, Sabtu (14/09/2024).

Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Mataram H. Didi Sumardi didampingi Kepala Pusat Informasi Cabang (Ka. Pusinfocab) dan para andalan Kwarcab, Ketua Kwarran Selaparang beserta jajaran.

Dalam sambutannya Ketua Kwarcab Kota Mataram H. Didi Sumardi memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus majelis pembimbing gugus yang dipimpin oleh H. Lalu Syauki karena selama ini telah memfasilitasi kegiatan pembinaan pramuka di MAN 2 Mataram.

Menurut Didi, gerakan pramuka pangkalan MAN 2 Mataram dinilai telah terbukti mampu menghadirkan berbagai prestasi yang luar biasa untuk daerah baik di level regional hingga level nasional.

“MAN 2 ini merupakan salah satu madrasah yang penuh dengan prestasi baik di tingkat level daerah hingga level nasional sesuai dengan slogannya Mandiri, Menginspirasi dan Mendunia”, ujar Didi.

Oleh sebab itu kata Didi, pramuka MAN 2 Mataram agar terus membangun inspirasi dan semangat sehingga menjadi lokomotif gerakan pramuka gugus depan di bawah naungan kementerian agama di kota Mataram.

“Kami akan beruapaya mendorong MAN 2 Mataram untuk menjadi gugus depan percontohan bagi gugus depan yang lain dalam mengelola program, aktifitas pembinaan dan pengembangan kepramukaan di gugus depan. Kami akan arahkan gugus depan yang lain untuk belajar di MAN 2 bagaimana mengelola dan menjalankan program dan pola pembinaan kepramukaan di tingkat gugus”, tutur Didi.

Pada kesempatan itu juga H. Didi menyampaikan dua pesan kepada segenap pengurus pramuka MAN 2 Mataram yang tengah dilantik. Pertama berkaitan dengan proses belajar mengajar dan yang kedua terkait tanggung jawab pengurus dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan di sekolah.

“Tugas dan tanggung jawab kita ke depan harus mengacu kepada undang undang dasar dan AD ART gerakan pramuka yang telah dikeluarkan oleh Kwartir Nasional”, jelas Didi.

Kita akui MAN 2 Mataram tutur Didi memiliki prestasi yang unggul dan luar biasa, maka dari itu atas prestasi yang baik tersebut diharapkan tidak hanya sampai di level nasional tapi juga harus mampu hingga level internasional.

Kedua lanjut Didi, tanggung jawab kita adalah memastikan proses pendidikan kepramukaan yang kita lakukan bermuara pada pembentukan karakter kepribadian hingga terbentuknya ahlak yang mulia.

“Selamat kepada Ketua Mabigus beserta jajarannya, kami berharap MAN 2 Mataram tidak hanya mampu menjawab persoalan pendidikan namun juga mampu menjadi sentral dari perkembangan pendidikan kepramukaan khususnya di level MA, SMA, SMK di Nusa Tenggara Barat”, harapnya.

Sementara itu Ketua Majelis Pembimbing Gugus gerakan pramuka pangkalan MAN 2 Mataram H. Lalu Syauki dengan ungkapan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Kwarcab kota Mataram yang telah berkenan melantik pengurus pramuka MAN 2 Mataram.

“Baru kali ini pertama kali dilantik secara resmi dan kami merasa terhormat, semoga ini menjadi langkah awal untuk bisa memberikan kontribusi lebih besar untuk agama nusa dan bangsa”, ucap Syauki.

Ia juga berharap pramuka MAN 2 Mataram bisa membangun kerjasama yang baik dengan Kwarcab kota Mataram di bawah kepemimpinan H. Didi Sumardi.
“Kami berharap kwarcab bisa bekerjasama dengan kami di gugus depan terkait program program dan pola pembinaan pramuka”, harapnya. (Tim KM Mataram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *