Sambut Anggota Baru, Racana Pramuka UIN Mataram Menggelar Morsitara

Mataram – Gerakan pramuka Racana Khalid Bin Walid-Siti Khadijah gugus depan kota Mataram 06.047-06.048 pangkalan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar Masa Orientasi Tamu Racana (Morsitara) ke-XXXIII tahun 2024, Kamis (26/09).

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 26 hingga 29 September 2024 yang bertempat di dua lokasi, kegiatan ruangan berlangsung di Auditorium UIN Mataram dan kegiatan lapangan berlangsung di hutan lindung Sesaot Narmada Lombok Barat.

Ketua Dewan Racana gerakan pramuka UIN Mataram Arif Rahman Hakim mengatakan kegiatan Morsitara merupakan langkah awal bagi setiap anggota baru untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

“Morsitara ini salah satu ajang untuk kita meneruskan perjuangan pramuka UIN Mataram, membentuk generasi yang berjiwa Pancasila dan memiliki jiwa kepemimpinan serta mengamalkan tri satya dan dasa dharma pramuka”, jelas Arif.

Ia melaporkan, kegiatan tersebut akan di ikuti oleh 20 orang peserta mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di kampus UIN Mataram.

Dalam sambutannya pembina pramuka UIN Mataram H. Alkusaeri memberikan penekanan akan pentingnya mahasiswa untuk mengembangkan dirinya melalui organisasi.

“Masuknya mahasiswa ke dalam organisasi internal kampus merupakan bagian terpenting untuk mengembangkan kompetensinya, salah satunya adalah mengembangkan diri melalui UKM Pramuka”, ujar Alkusaeri.

Ia mencontohkan guru yang bertugas di satuan pendidikan, mereka tidak hanya dituntut menguasai materi ajar tapi juga harus memiliki kompetensi yang lain salah satunya kompetensi kepramukaan.

“Harapannya seluruh peserta mengikuti rangkaian morsiatara dengan baik dan tekun karena apapun yang didapatkan melalui kegiatan ini akan memberikan manfaat di hari yang akan datang”, pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *