Penyandang Disabiltas Mampu Tepis Image Negatif Masyarakat

Lobar (16/12/2021): Walaupun dengan keterbatasan fisik, penyandang disabilitas yang ada di Dusun Karang Bedil Selatan Rt.03, Jalan TGH abdul Hafidz Kediri Lombok Barat telah mampu membentuk sebuah Yayasan Samara Lombok yang kini dibentuk menjadi koperasi dan sudah berjalan sekitar 5 tahun. Dengan memilki anggota sekitar 54 dari penyandang disabiltas , selain bergerak disimpan pinjam ,juga koperasi ini mengadakan pelatihan bagi anggotanya yakni merubah barang bekas seprti plastid an mendaur ulang kertas menjadi barang uyag bernilai ekonomis tinggi.

Saat di temui oleh Kabid Koperasi Drs,Muksin,MM, Kasi Kelembagaan Koperasi H.Hilwan SE.M.Si dan Koordinator PLUT KUMKM, Ketua Kopearasi Yayasan Sama Lombok Fitri mengatakan ada perubahan dari teman-teman penyandang disabilitas, kami membentuk koperasi dalam rangka temen-temen disabilitas dapat mengembangkan potensinya.

Kata Fitri, awal pembentukan koperasi ini adalah simpan pinjam dengan simpanan pokok 50 ribu rupiah dengan simpanan wajib 10 ribu rupiah sehingga terkumpul sekitar 8 juta rupiah yang dipinjamkan kepada anggota dengan sistem tidak dikenakan bunga. Namun setiap anggota diwajibkan menabung, lalu diakumulasikan dan setiap tahunnya dibagikan, modal mulai bertambah menjadi 14 juta rupiah.

“Selain itu diadakan pelatihan-pelatihan dengan praktek mendaur ulang kertas,plastic bekas menjadi barang yang bernilai ekonomis tinggi seperti kerajinan handycraft, karna banyak dari penyandang disabilitas yang berprofesi sebagai pengamen dan pengemis dan itu yang tidak diinginkan”. Akui Fitri

Ditambahkannya , selain pelatihan handycraft, juga di adakan pelatihan pengolahan makanan sampai pembuatan telur asin yang di pasarkan lewat pameran.

Kabid Pembinaan Koperasi Diskop UKM NTB Drs.H.Muksin,MM mengatakan Koperasi Yayasan Samara Lombok merupakan lintas kabupaten maka Koperasi Yayasan Samara Lombok menjadi wilayah binaan Diskop UKM Provinsi NTB.

Selain itu kata H Muksin penyandang disabilitas harus terus maju untuk merubah image masyarakat yang negative menjadi poaitif. Bahkan sesuai harapan Kemenkop dan UKM RI bagaimana koperasi ini bisa menjadikan rumah besar UMKM

Harapnnya koperasi Yayasan Samara Lombok Kediri Lombok Barat dengan moto “ Cedas Berkualitas Indah Terkemas” Kedepannya, Koperasi ini bisa maju dan berkembang serta resmi menjadi Koperasi Syariah Produsen Samara Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *