Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H. di Mushola Al Islah Pondok Indah Pagutan Barat Kota Mataram

Peringatan Nuzulul Qur’an 1442 H. di Mushola Al Islah Pondok Indah Pagutan Barat Kota Mataram  Alhamdulillah berlangsung aman,lancar dan sukses. Acara Nuzulul Quran yang berlangsung usai sholat tarawih ini dihadiri oleh seluruh jamaah, pengurus takmir mushola,TGH,Sofiyan Irsyadi (Pengasuh Pondok Pesantren Nahdatul Ulama Hidyatul Muttaqien Presak Barat) serta Kepala Lingkungan Presak Barat. (28/4/2021)

Ketua Takmir Mushola Al-Islah H.Bahrudin menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada panitia penyelenggara dan seluruh jamaah atas terselenggara dan hadirnya seluruh jamaah baik dari kaum ibu-ibu dan Bapak-bapak serta anak-anak yang ikut meramaikan.

Tgh.Sofiyan Irsadi dalam ceramahnya menyampaikan peristiwa turunnya Al Quran yakni pertama, menurut Ibnu Abbas, turunnya Alquran terjadi secara sekaligus ke Baitul Izzah di langit untuk menunjukkan kepada para malaikat betapa besarnya malam ini. Setelah itu, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun.

Pendapat lain sambung TGH,Sopyan, dari Al-Syabi menyebutkan bahwa awal turunnya Alquran dimulai pada malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Lalu, turun secara bertahap sesuai dengan peristiwa yang mengiringinya selama 23 tahun.

“Alquran diturunkan secara bertahap sesuai dengan peristiwa di masa Nabi Muhammad untuk memantapkan dan memperteguh dakwah Rasulullah”. Sambung Tgh.Sofyan

Kata TGH Sofiyan, itulah arti Nuzulul Quran dan proses turunnya Alquran. Nuzulul Quran dapat diperingati dengan membaca Alquran dan mengamalkan syariat Alquran.

Usai menyampaikan cermah  peringatan Nuzulul Quran 1442 H. Tgh,Sofyan langsung menutup dengan doa, dan selesai sekitar pukul 22.00 Wita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *