Perbedaan Kades dan Kadus

  • Kades jabatan politik, Kadus Jabatan karier dan tidak berpolemik
  • Kades masa jabatannya 6 tahun, kadus hingga umur 60 tahun
  • Kades di pilih oleh warga, kadus direcom kades dengan proses pansel tidak perlu libatkan warga
  • Kades dapat jabatan dengan kampanye dan kost politik, kadus tidak perlu keluarkan ringgit
  • Gaji kades sekitar 2.5 jt kadus 2 juta
  • Kades selalu dimintai oleh warga kadus tidak perlu di intai
  • Kades bisa diturunkan oleh warga lbh dari 50%, kadus tidak bisa diberhentikan oleh siapapun kecuali oleh kades sendiri itupun melalui proses Sp 1, SP 2 dan SP 3.

Ini artinya kadus lebih ketergantungan dengan kades, maka sangatlah wajar jika kades meminta kadus harus totalitas mendukung kades dalam hal apapun.

Ditempat lain banyak kades membuat kadus kayak abdi pribadi sehingga tidak jarang para kadus disuruh bantu-bantu pekerjaan-pekerjaan pribadi kades. Tapi Alhamdulillah di Masmas tidak pernah terjadi hal demikian.

Di tempat lain banyak kades yang meminta storan setiap gajian kadus bahkan dari setiap proyek yang dikerjakan dikadus baik dari desa maupun dari luar, tapi di Masmas Alhamdulillah hal itu tidak pernah dilakukan.

Ditempat lain banyak kadus yang gajinya ditahan gara gara tidak rajin masuk ngantor. Alhamdulillah di Masmas selalu toleransi dengan kesibukan para kadus.

Kalaupun saya mau minta bantuan ke kadus paling yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kita selaku hadam masyarakat seperti

  1. Aktif Kerahkan jamaah untuk Jumpa Berlian
  2. Mengerahkan warga untuk ikut kegiatan GSB
  3. Mengerahkan warga untuk aktif GZB (Ziarah Kubur Setiap Jumat)

Jadi mohon dengan segala hormat kadus pertimbangan permohonan kepala desa yang sekali waktu ini dan memang mestinya tanpa diminta juga harus karena ini demi kemaslahatan ummat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *