Anak Petani Meniti Prestasi Di Ajang Kompetisi Bahasa Arab Nasional Tahun 2021

KM Lobar. “Proses tidak mengingkari hasil”. Kalimat inilah yang tepat di nisbatkan kepada MAN 1 Lombok Barat yang memiliki semangat ingin terus maju, menjadi yang terdepan dalam membina, membimbing serta memberikan pelayanan kepada peserta didiknya dengan meniti sebuah proses. Tidak heran kalau akhir-akhir ini MAN 1 Lombok Barat di berikan label “ Ibarat seorang Gadis Cantik Yang Senang di Manja”.

Bentuk dari kemanjaan itu adalah salah satunya dengan memberikan bimbingan  secara kontinu  dan intensif , baik pembelajaran yang bersifat formal maupun non- formal, pembelajaran bersifat intra maupun ekstra, sehingga kembali siswa MAN 1 Lombok Barat menoreh prestasi dalam ajang Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) tahun 2021 tingkat Kabupaten, dengan tema “Bagaimana Kita Menjadi Idola (Teladan) Dengan Bahasa Al-Quran (Arab)”, yang diadakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab Se-Indonesia, pada tanggal 4 September 2021 secara online pada tingkat Kabupaten/Kota, dan di umumkan pemenangnya secara oline juga pada hari Sabtu, 11 September 2021.

Sebagaimana kita ketahui, Olimpiade Kompetisi Bahasa Arab, merupakan sebuah ajang yang sangat bergengsi untuk para siswa madrasah ,yang memiliki bakat dalam berbahasa. Dimana kita ketahui bahsa Arab merupakan Bahasa Internasional , dan salah satu dari enam bahasa resmi yang digunakan dalam organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Alhamdulillah wa syukrulillah, pada ajang Kompetisi ini siswa atas nama Suci Bulan Izzati XII BAHASA Juara 1 dan Siti Saniah XII IPA Juara 2, perwakilan MAN 1 Lombok Barat. Proses yang cukup panjang telah dilalui, mulai dari sosialisasi, bimtek dan uji coba sebanyak dua kali, membawa mereka mampu untuk menyelasaikan seluruh butir soal yang berjumlah 50 soal dalam bentuk multiple choice.

Mendengar keberhasilan para siswanya, Kepala Madarsah ,H.Abdul Azis Faradi, yang kami temui langsung memberikan apresiasi yang luar biasa atas kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sehingga mampu mengantarkan anak didik untuk meraih prestasi di ajang Kompetisi Bahasa Arab se Indonesia secara daring, dan tentu kami akan memberikan reward berupa dana pembinaan, agar siswa kita mampu mempertahankan prestasi perdana di awal kepemimpinan, yang baru menjabat 3 bulan terakhir ini. Keberhasilan ini merupakan berkat bimbingan dan dukungan serta motivasi dari semua pihak terutama bapak ibu guru, tentunya saya ucapkan” terimakasih”.

Di tempat yang berbeda, salah seorang guru Pembina Bahasa Arab ,Ibu Illiyin, S.S, menyampaikan rasa bangga nya atas prestasi yang di raih oleh kedua siswanya, walaupun awalnya tidak pernah terpikirkan untuk menang. Ibu guru yang selalu ceria dan murah senyum ini mengatakan kepada siswa binaannya,” kalian ikuti saja seluruh prosedur lomba, jangan pikirkan juara, yang terpenting kita berusaha dan sempurnakan dengan do’a”. Alhamdulillah ternyata membuahkan hasil. Tetapi perjuangan tidak sampai di sini, karena kami akan mempersiapkan mereka untuk mengikuti Kompetisi tingkat provinsi yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2021.Ungkapnya.

Sementara itu, Suci Bulan Izzati, peraih juara 1 Kompetisi bahasa Arab menyampaikan bahagianya atas capaiannya ini, semua ini kami raih atas bimbingan dari bapak ibu guru khususnya Pembina kami yang selalu mendampingi dan memberikan bimbingannya secara telaten tanpa mengenal lelah , “trimaksih ibu guru, tanpa bimbinganmu, belum tentu kani juara”.

Semoga melalui Olimpiade Nasional bahasa Arab ini diharapkan potensi dan bakat pelajar dan pengajar bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan dalam memelihara khazanah kelimuan islam.

(Maesarah,Waka.Humas MAN 1 Lombok Barat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *