Lancing & Surga Paragliding

Dusun Lancing Desa Mekarsari Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah menyimpan potensi besar. Kedepan Sky Lancing bisa jadi akan menjelma menjadi surga nya para penggemar paragliding / paralayang.

Minggu sore ini, untuk pertama kali saya menjejakkan kaki di Dusun Lancing. Mewakili Gubernur NTB – Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah, menutup Kejurda Paragliding yang mulai menarik perhatian masyarakat. Juga wisatawan.

Sebelum ke acara inti, saya berkesempatan diajak Danlanud Rembiga – Mas Endri K dan Ka BNN Provinsi NTB – Mas Gagas Nugraha ke atas bukit menggunakan mini bus Hiace bersama dirpamobvit polda NTB – Mas Turmudi.

Pemandangan di puncak bukit Dusun Lancing ini luar biasa. Anginnya kencang, hamparan darat yg menghijau dan laut sepanjang mata memandang tampak membiru. Ombak putih berkejaran menuju pinggir pantai.

Ini tentu jadi sensasi tersendiri bagi atlet paragliding yg sedang mengudara.

Ada juga wisatawan asing bersama isteri dan anaknya menggunakan sepeda motor naik ke puncak bukit. Kedepan bukit ini bisa jadi akan ramai seperti halnya bukit meresek bateq bantar sekitar pantai An dalam kawasan KEK Mandalika.

Menurut Danlanud NTB, dari sisi pembinaan prestasi, Sky Lancing sempurna untuk kegiatan olahraga dirgantara. Bukan hanya paragliding tetapi juga gantole dan paramotor. kondisi alamnya sempurna. Perbukitannya memiliki kontur datar diatas. Kecil kemungkinan ada turbolensi dan windsir sehingga tingkat safetynya terpenuhi. Kondisi cuaca yg rata2 kecepatan anginya calm, akan nyaman dan aman untuk kegiatan pembinaan atlet.

Dari sisi sport turism, paragliding merupakan olahraga yg sangat digemari untuk kegiatan wisata. Sky Lancing sangat strategis karena berdekatan dengan KEK Mandalika dan merupakan perlintasan turis yg akan ke pantai Selong Belanak untuk surving.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, paragliding ini olahraga yg melibatkan banyak orang. Dari kegiatan kejurda ini saja masyarakat cukup senang karena ada perputaran ekonomi di dusun Lancing. Bila site ini dikelola dg baik akan banyak lagi melibatkan masyarakat lokal untuk bekerja pada sektor wisata ini.

Prospek kedepan, dampak edukasi terhadap masyarakat, pada saat anak2 mereka membantu melipat payung, setelah cinta dan suka mereka bisa dididik menjadi pilot paralayang. Bila berlanjut, bisa jadi tandem master sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri.

Dari sisi regulasi, dusun Lancing memenuhi standart untuk kejuaraan internasional sehingga bisa menjadi salahsatu event tahunan selain mxgp, motogp, wsbk dll.

Sebuah peluang sdh didepan mata. Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda…!!!!

Sepoi senja Sky Lancing : 24.7.2022 (H.Lalu Gita Ariadi – Sekda NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *