MAsa LAlu NGangeni

Malam itu (9.8.2022), Malang menyapa dengan suhu 16*c. Sering juga di bawah ini. Malang sedang dingin di malam hari kata resepsionis yg menyambut kami ramah.

Jadi teringat 38 tahun lalu. Masuk unibraw 1984. Dari Lombok yg relatif panas, tiba di malang bulan Juli yg sdh mulai dingin. Cukup kaget juga tapi sungguh berkesan.

Kesan kian sempurna ketika Kemah Bhakti Mahasiswa ( KBM ) Mahasiswa Baru FIA UB 84 pasca OPSPEK dilaksanakan di Hutan Cangar Gunung Welirang. Diatas Kota Batu yg cuacanya tentu tambah dingin.

Pagi buta sebelum subuh sudah terbangun. Karena kedinginan. Jaket warna hijau, satu2nya jaket yang dibawa merantau, terasa tak cukup mampu menghalau dinginnya malam hutan cangar yg menusuk tulang.

Sambil mengendap-endap di rerimbunan pohon dan kabut hutan cangar, kami berjalan menuju sungai. Di sungai sepagi itu ternyata sudah banyak teman2 yg kumpul. Ternyata mereka sedang berendam di air belerang yang mengalir dari gunung welirang itu.

Saya bergabung, berendam telentang bersama. Seperti pindang di bawah uap air belerang. alhamdulillah badan terasa hangat. Bebas dari terkaman dingin malang dan cangar yang penuh kenangan.

Cangar…..tunggu saya datang lagi. Siapa ikut ? (H.Lalu Gita Ariadi – Sekda NTB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *