Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bupati Fauzan Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat Desa

Giri Menang, 28 November 2022 – Untuk meningkatkan ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Ketahanan Pangan pada tahun 2022 membangun Gedung Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) di lima desa yakni Desa Gegelang, Langko, Batu Kuta, Montong Are dan Kuranji.

Fasilitas tersebut diresmikan oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dirangkai dengan HUT Desa Gegelang ke-11 di Halaman Gedung LPMDes Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Senin (28/11).

“Alhamdulillah di Tahun 2022 ini kita bisa membangun lima Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) bertempat di Desa Gegelang. Fasilitas dari LPMDes ini ada mesin penggiling padi, mesin pengering padi dan tempat penyimpanan padi. Kita arahkan untuk dikelola oleh gapoktan dan kita minta BUMDes terlibat juga di dalamnya,” ujar bupati dua periode ini.

Mantan KPU Provinsi NTB ini menyebutkan, salah satu bentuk pemanfaatan produk lokal yang ujung tentunya untuk pengendalian inflasi.

“Hari ini empat Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) yang kita resmikan. Dan satu Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) di Desa Langko masih dalam pengerjaan. Dan Insya Allah tahun ini semuanya selesai,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lobar, Damayanti Widyaningrum mengatakan untuk pembangunan Gedung Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) bukan kontraktor yang bekerja tetapi ada dana masuk ke Gapoktan. Jadi Gapoktan yang bekerja didampingi oleh fasilitator.

“Empat LPMDes sudah selesai pengerjaannya dan tinggal satu LPMDES di Desa Langko rencananya peresmian pada tanggal 10 Desember mendatang,” katanya.

Mantan Sekdis Pertanian Lobar ini menuturkan, maksud dan tujuan dibangunnya Gedung Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes) nanti pada saat panen raya para petani bisa mengumpulkan gabahnya di situ.

“Kita ingin para petani kita tidak langsung menjual gabahnya tetapi kita inginkan para petani mendapatkan nilai tambah yaitu diolah menjadi beras. Di situ petani bisa kumpulkan gabahnya dan kalau gabahnya harga murah bisa pindah jual setelah harga gabahnya mahal,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, dengan adanya LPMDes ini sebagai cadangan pangan di desa dan menjaga stabilitas harga terutama beras. Karena beras merupakan salah satu dari pangan strategis yang menyebabkan inflasi.

“Ke depan kami berharap kepada Gapoktan agar dibuat menjadi pusat pangan strategis. Tidak hanya beras yang ada di LPMDes tetapi nanti juga kolam, unggas, buah dan sayuran,” harapnya.

Di tempat yang sama Kades Gegelang H. Husnu Muhtar mengatakan, di hari ulang tahun Desa Gegelang ke-11 sangat special dan ini menjadi penghargaan karena telah hadir Gedung Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMDes).

“Harapan kepada para petani kita bisa memanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang gerakan ketahanan pangan di tingkat desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat kita secara umum,” tutupnya. (Tim KM Lombok Barat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *