Free practice MXGP, antusiasme masyarakat dan UMKM di hari pertama MXGP Lombok 2023

Free Practice MXGP Lombok 2023 dimulai pada hari Sabtu (1/7/2023). Di bawah rintik hujan, Para pebalap dunia Motocross Grand Prix (MXGP) terlihat mulai menjajal Sirkuit Selaparang di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak hanya pebalap, masyarakat setempat tampak antusias menghadiri event yang seminggu sebelumnya juga sukses digelas di Sirkuit Samota Sumbawa tersebut. Tak ayal, Para UMKM dan PKL pun menuai berkah.

Seperti Yogi, salah seorang pemilik UMKM Yogi Apparel yang turut meramaikan MXGP Lombok 2023. Yogi menjual berbagai jenis merchandise dunia motocross, seperti jersey dan berbagai pernak pernik lainnya.

Yogi mengaku antusiasme dan daya beli masyarakat cukup besar dalam event MXGP ini. Sebelumnya, Yogi juga turut meramaikan UMKM saat di Sirkuit Samota Sumbawa minggu lalu.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat luar biasa ya. Daya beli masyarakat juga bagus, mereka sangat suka dengan barang yang kita jual. Alhamdulillah event-event seperti ini membawa keberkahan untuk kita,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) NTB Ahmad Masyhuri menjelaskan, terdapat 200 UMKM yang meramaikan event MXGP. Sebanyak 150 pelaku UMKM atau 75 persen dari total kuota merupakan binaan dari Pemkot Mataram. Adapun untuk sisanya sebanyak 50 lapak, diberikan kepada pelaku usaha dari kabupaten/kota di Pulau Lombok. Termasuk juga pelaku usaha yang ada di Pulau Sumbawa. Sebanyak 50 PKL pun diberikan fasilitas tenda untuk turut berjualan di sekitar sirkuit, tepatnya tak jauh dari parkiran.

Antusiasme masyarakat setempat juga tak kalah besar. Kurnia Yulmi asal Pejeruk Ampenan mengaku bahagia melihat kembali geliat ekonomi di eks Bandara Selaparang. Ia mengaku senang dengan beragam hiburan dan olahraga yang digelar di sana. Ia berharap kedepannya eks Bandara Selaparang bisa menjadi pusat pegelaran olahraga di Kota Mataram.

“Memberikan hiburan dengan nuansa yg baru bgi masyarakat lombok. Kayaknya perlu dimanfaatkan deh eks bandara sebagai pusat olahraga Nusa Tenggara barat,” harapnya. (novita, opik, kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *