Mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram (Unram) di Desa Jineng Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur melaksanakan Sosialisasi Pengolahan Sampah.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Selasa, (25/01/2024) dan dihadiri oleh Kepala Desa Jineng, Sekdes Jineng, Bhabinkabtibmas Desa Jineng, Babinsa Desa Jineng, Perwakilan Camat Wanasaba, Ibu PKK, Pemuda Karang Taruna Desa Jineng dan Kepala Dusun Se-Desa Jineng hingga masyarakat setempat. Sosialisasi tersebut menghadirkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB sebagai narasumber dalam menyampaikan Program NTB Zero Waste. Di samping itu, juga diberikan materi dan praktek langsung bagaimana pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos dengan metode Takakura.Kegiatan sosialisasi sekaligus peresmian Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa Jineng ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menampung dan mengelola sampah rumah tangga dari masyarakat Desa Jineng. Selain itu, penanaman bibit pohon juga dilakukan sebagai upaya perlindungan lingkungan dari Mahasiswa KKN-PMD UNRAM dan Masyarakat Desa Jineng.

Adapun bibit pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon kemiri, kayu putih, rambutan, nangka, durian, dan mangga.Harapannya nanti pohon yang ditanam memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *