Rayakan Imlek 2024, Dosen UTS Sebagai Koreografer Pertunjukan Tari 1000 Tangan Di Yogyakarta International Airport

Bandara YIA menyuguhkan kejutan bagi penumpangnya selama Imlek lalu. Pengelola Bandara YIA, PT. Angkasa Pura (AP) I menampilkan pentas tari 1000 tangan untuk menghibur pengguna jasa bandara, penumpang pesawat, dan UMKM di bandara. Penampilan ini digelar pada hari Sabtu, 10/2 2024 mulai pukul 10.00 WIB. Penari tari 1000 tangan ini merupakan mahasiswa Institut Seni Yogyakarta dari semester 2 hingga mahasiswa pascasarjana jurusan Tari.

Foto penari bersama barongsai sebelum pementasan- Sabtu, 10/02 di Bandara YIA

Korografi dengan nuansa budaya Jogja dan Cina ini di koreograferi oleh Desy Wulan Pita Sari Damanik, M.Sn seorang Dosen Seni Tari Universitas Teknologi Sumbawa  sekaligus alumni dari ISI Yogyakarta. Karya tari ini ditampilkan dalam bentuk  street dance dari pintu masuk parkiran, UMKM, hingga lantai atas. Dalam satu pertunjukan durasi 7 menit 20 detik, tarian ini ditampilkan kurang lebih 5 sampai 6 kali di bandara YIA. Tari ini terinspirasi dari tari 1000 tangan dari Thailand kemudian di akulturasikan oleh gerak tradisi tari gaya Yogyakarta dan sikap tangan dan kaki tari Jawa.

Sementara itu Desy merasa bangga dan apresiasi bisa menjadi bagian dari pelayanan sebagai koreografer. “Selain menjadi media hiburan bagi penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara, kegiatan ini menjadi media ekspresi bagi seniman khususnya seni pertunjukan. Salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta, kegiatan atau pelayanan ini perlu ditiru untuk bandara-bandara lainnya”, terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *