Kadis Kominfotik NTB Paparkan Peran Statistik Sektoral pada Kuliah Umum FMIPA Unram

Mataram – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) NTB Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., MM menerima kunjungan sivitas akademika Program Studi Statistika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mataram (FMIPA Unram) dalam rangka membahas penyusunan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Prodi Statistika FMIPA Unram dengan Diskominfotik Provinsi NTB. Pertemuan tersebut diadakan di Ruang Kerja Kadis Kominfotik NTB, dihadiri Kabid Statistik Diskominfotik NTB, serta Ketua Prodi Statistika dan jajaran (27/2/2024).

Kadis Kominfotik NTB mengapresiasi rencana PKS ini. Dirinya menyampaikan Ilmu Statistik kini kian berkembang pesat dalam konteks pemerintahan. Sebagai cabang ilmu tetapan, khususnya dengan adanya tata kelola statistik sektoral oleh berbagai jenjang pemerintah daerah.

Kepala Prodi Statistika Unram, Mustika Hadijati, S.Si., M.Si menyatakan kunjungan tersebut merupakan langkah lanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi NTB dan Unram. Harapannya, kerja sama antara Prodi Statistika Unram dengan Diskominfotik NTB dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, tidak hanya dalam aspek pendidikan, tetapi juga penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dirinya berharap agar kerja sama melibatkan penelitian kolektif antara teman-teman di Diskominfotik NTB dan dosen-dosen Prodi Statistika FMIPA Unram.

“Kerja sama dengan Diskominfotik, kemudian bisa menjadi awal kerja sama penelitian antara teman-teman di Dinas Kominfotik dengan teman-teman dosen di FMIPA,” tuturnya.

Sebagai informasi, NTB saat ini menduduki peringkat ketiga secara nasional, dari sisi apresiasi penghargaan Anindhita Wistara Data BPS RI, dengan nilai di atas rata-rata nasional. Diharapkan adanya kerja sama tersebut, dapat meningkatkan lagi peringkat NTB secara nasional di masa mendatang.

Dalam pada itu, Dosen Prodi Statistika FMIPA Unram Dr. Lilik Hidayati, S.Si., M.Si mengungkapkan optimis bahwa PKS dari kesepakatan perjanjian bisa membawa Provinsi NTB menuju prestasi nasional.

“Kita bersama-sama Diskominfotik Provinsi NTB dengan Prodi Statistika FMIPA Unram bersinergi untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan kampus dan kesinambungan pemerintah daerah,” pungkasnya. (ssn/her/kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *