Panca Sradha dan Tri Kerangka Dasar Turut Membentuk Harmonisasi Di Kota Mataram

Mataram – Implementasi Panca Sradha dan Tri Kerangka Dasar Agama Hindu, dalam kehidupan sehari hari yang dipraktekan umat Hindu, akan membentuk landasan yang kuat untuk menciptakan harmonisasi dalam berbagai aspek kehidupan, baik pribadi, keluarga, komunitas, maupun sosial. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, dalam peringatan ulang tahun ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN), Selasa (21/05/24), yang diselenggarakan bersama dengan perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Saka 1996, yang dilaksanakan di Pure Kawitan Tangkas Kori Agung Monjok, Mataram.

“Dalam konteks ini, penekanan diberikan pada penerapan ajaran-ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari, yang memungkinkan semua pihak hidup berdampingan dengan penuh toleransi, dan saling menghormati perbedaan.” Tuturnya dengan senyum sumringah.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Mataram ini menganggap, bahwa melalui tema “Panca Sradha dengan Tri Kerangka Dasar Agama Hindu sebagai Implementasi Harmonisasi dalam Realita Kehidupan Bersama”, merupakan tema yang relevan dalam konteks sosial kultural, dimana keberagaman yang dimiliki masyarakat Mataram dengan berbagai latar belakang agama, budaya, dan etnis, adalah sebuah kekayaan yang harus dijaga bersama.

Melalui Perayaan ulang tahun PSN ke-25, diharapkan semakin memperkuat sinergi antara PSN, Pemerintah, dan berbagai elemen Masyarakat. Dengan adanya elaborasi serta kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup umat Hindu, serta mendukung harmonisasi dalam kerukunan antar umat beragama di Kota Mataram yang menjadi tujuan bersama.

“Dengan semangat kebersamaan, mari kita jadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk membangun Kota Mataram yang lebih baik, damai, dan sejahtera”. Tutupnya yang disambut dengan riuh tepuk tangan.(TKDISKOMINFO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *