Pemprov NTB Silaturahmi dan Serahkan Gamelan bagi Warga Lombok di Johor, Malaysia

Johor, Malaysia – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) mengadakan acara silaturahmi dengan warga Lombok yang berdomisili di Johor, Malaysia, dalam kesempatan tersebut, Pemprov NTB juga menyerahkan satu set alat musik gamelan sebagai bentuk dukungan pelestarian budaya bagi komunitas Lombok di Johor.

Rombongan Pemprov NTB, yang dipimpin Wakil Ketua Dekranasda NTB, Ir. Hj. Lale Prayatni Gita Ariadi, yang di dampingi Kadis Kominfotik NTB, Kadis Dikbud NTB, Kadis Perdagangan, dan Kadiskop disambut hangat oleh masyarakat Lombok yang telah menetap di Johor. Acara tersebut berlangsung dengan penuh kehangatan dan semangat kebersamaan, mengingatkan kembali pada akar budaya dan tradisi Lombok.

Dalam sambutannya, Bunda Lale menyampaikan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Lombok di perantauan. Gamelan yang diberikan itu merupakan gamelan sasak dan berharap bisa memberikan manfaat dan menjadi penghibur serta kegunaannya sama Persis seperti yang ada di tanah Lombok, Bunda Lale juga mengatakan akan mengusahakan kesenian berupa Rebana untuk masyarakat Sumbawa yang ada di Johor Bahru Malaysia.

“Gamelan ini adalah simbol dari kekayaan budaya kita. Semoga dapat digunakan dengan baik untuk melestarikan kesenian dan tradisi Lombok di Johor. Selain itu, semoga gamelan ini bisa menjadi sarana mempererat silaturahmi antar sesama warga Lombok di sini,” ujar Bunda Lale di Johor Bahru Malaysia Rabu 26/06/2024.

Selain penyerahan gamelan, Bunda Lale juga mengadakan dialog dengan warga Lombok mengenai berbagai isu yang mereka hadapi di perantauan. Diskusi berlangsung hangat dan interaktif, dengan berbagai aspirasi dan masukan yang disampaikan oleh masyarakat.

Bunda Lale juga menitipkan masyarakat Lombok kepada Pemerintah Johor Bahru Malaysia untuk di lindungi dan diberikan rasa aman, dan memastikan Pemprov NTB selalu hadir untuk mendukung warganya di luar negeri.

“Izin pak Fauzi kami menitip warga kami mohon untuk dilindungi dan diberikan rasa aman”. Jelasnya.

Adapun Ketua Perhimpunan Masyarakat warga NTB di Johor Malaysia, Baiq Mustika,
Menceritakan asal muasal perhimpunan tersebut bisa berdiri sampai dengan saat ini,
Dan menyanpaikan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dan dukungan yang sudah diberikan oleh pemeringah Provinsi NTB.

“Asal persatuan ntb ini pertama kali dari Perkumpulan arisan sesama Lombok, meningkat ke perkumpulan Yasinan, dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pemerintah NTB, atas dukungan dan perhatiannya untuk kami disini.” Tutup Baiq Mustika.

Dengan adanya penyerahan gamelan ini, diharapkan budaya Lombok akan semakin dikenal dan dilestarikan di Johor, serta memperkuat rasa kebersamaan dan identitas budaya bagi warga Lombok di Malaysia.(Diskominfotik/NTB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *