Serahkan Penghargaan Juara Shell Eco Marathon 2024, Pj Gubernur Harap Event Manfaat Besar bagi NTB

Lombok Tengah – Pj Gubernur NTB Mayjen TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, SIP., MM., berharap event sekelas Shell Eco Marathon Asia Pacific and Middle East 2024 di Mandalika International Circuit, Kuta, Lombok Tengah dapat menghadirkan manfaat bagi masyarakat dalam pengembangan teknologi maupun dampak ekonomi sebagai penyelenggara event dunia.

“Lebih membahagiakan lagi, pemenangnya putra-putri dari Indonesia yang luar biasa. Semoga kedepannnya akan ada putra-putri asal NTB yang mampu meraih prestasi di rumah sendiri pada event Shell Eco Marathon berikutnya, serta pada ajang-ajang lain di NTB”, ujarnya di Sirkuit Mandalika (6/7/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, adanya event ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan sumber daya manusia, ekonomi, UMKM, dan lainnya. Dalam event tersebut, tim pelajar Indonesia menyapu bersih tiga subkategori kompetisi Urban Concept pada Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024, dalam ajang Shell Eco Marathon 2024.

Kategori Urban Concept ini merupakan kategori kendaraan yang paling menyerupai mobil penumpang secara visual dengan menggunakan empat roda dan didisain dengan spesifikasi layak jalan. Tim-tim yang mengikuti kategori ini ditantang untuk mengupayakan optimalisasi energi pada mobil yang juga memenuhi kebutuhan manusia, seperti kenyamanan pengemudi.

Adapun sebagai pemenangnya Institut Sepuluh Nopember (ITS) dengan katagori Internal Combustion Engine (ICE), kemudian Universitas Gadjah Mada pada kategori Hydrogen Fuel Cell Award serta
Universitas Udayana dalam kategori Battery-electric. Dari NTB sendiri, Selandir Eco Team SMKN 1 Lingsar mengikuti kategori prototype dengan energi baterai bersama Tim Desantara Unram dan Tim Akoms Ebulience Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM) Sumbawa dan Tim Lombok Institute of Technology, Lombok Timur.

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 diikuti 78 tim dari 12 negara untuk kompetisi kendaraan hemat energi, baik di dalam maupun di luar lintasan yang digelar di Sirkuit Mandalika 3-6 Juli 2024.

Hadir pula mendampingi Pj Gubernur, Kepala Brida, Kadis Dikbud, Kadis Dikpora, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan dan Ketua IMI NTB. (jmy/dyd/kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *