Pendidikan Kepramukaan Dorong Generasi Muda Berkarakter dan Berakhlak Mulia

Mataram – Meski diera globalisasi dan transformasi digital seperti sekarang ini, Pendidikan kepramukaan senantiasa menekankan pada pengembangan diri, sosial, dan lingkungan, sehingga Kegiatan ini harus terus dipertahankan dan disesuaikan dengan tuntutan zaman, namun tetap menjaga identitas dan nilai luhur budaya bangsa. Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, saat memimpin Apel Siaga Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Ikhlas Beramal Tingkat Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, bertempat di Lapangan Sangkareang, Sabtu (13/07/2024).

“Insya Allah kita semua dapat bersama-sama mewujudkan cita-cita untuk mencetak generasi muda yang berkarakter, berakhlak mulia, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi. Mari kita terus dukung dan kembangkan Gerakan Pramuka, sehingga dapat menjadi kegiatan positif yang diminati oleh semua kalangan”. Ungkapnya

Menurutnya, Gerakan Pramuka memiliki misi utama yang mengedepankan pendidikan watak, kepribadian, dan budi pekerti luhur, serta memberikan pembekalan kecakapan hidup agar menjadi kader pembangunan yang handal di masa depan. Oleh karena itu, melalui Satuan Komunitas Pramuka Ikhlas Beramal ini, kita berharap generasi muda dapat memperoleh pendidikan yang komprehensif, tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga dalam aspek moral dan sosial.

Selain itu, Bang Haji demikian sapaan akrabnya juga mengingatkan bahwa Pramuka merupakan salah satu wadah yang sangat bermanfaat dalam membentuk karakter dan memperkaya keterampilan. Melalui kegiatan Pramuka, kita semua diajarkan nilai-nilai kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, serta cinta tanah air. Semua peserta belajar untuk mandiri, berani, dan bertanggung jawab, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan yang akan sangat berguna di masa depan.

“Saya berharap, Satuan Komunitas Pramuka Ikhlas Beramal di lingkungan Kantor Kementerian Agama ini dapat menjadi sarana bagi Pramuka untuk mengaplikasikan ilmu mereka dan membantu masyarakat. Melalui kegiatan Pramuka, diharapkan para peserta dapat menambah wawasan, keterampilan, dan kepekaan sosial, sehingga mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan berkontribusi positif bagi masyarakat”. Pungkasnya.(TK-Diskominfo).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *