Pj Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Anak Dari Penyakit Lumpuh Dengan Vaksin Polio

Mataram – Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Dr. Hassanudin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Pekan Imunasi Nasional ( PIN ) Polio. Program PIN merupakan upaya pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan untuk mencegah anak-anak dari penyebaran penyakit polio atau kelumpuhan permanen dengan cara pemberian vaksin Polio.

“Kita semua tahu, salah satu cara mencintai dan menyayangi anak-anak adalah dengan menjaga kesehatannya terutama dari penyebaran penyakit polio,” ungkap Doktor Hassanudin saat menghadiri Pekan Imunasi Nasional ( PIN ) Polio Tahap 2 yang digelar di Posyandu Amal Sejati 1, Getap Timur Kelurahan Cakra Selatan Baru Kota Mataram, Selasa (23/07/24).

PJ Gubernur menjelaskan bahwa penyakit polio belum ditemukan obatnya namun penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin Polio secara berkala. Penyebaran penyakit polio sudah ditemukan di beberapa provinsi di Indonesia.

“Alhamdulillah di NTB belum ditemukan penularan Polio. Meski demikian kita tetap harus cegah penyebarannya di daerah kita,” harapnya.

Purnawirawan TNI itu juga mengungkapkan bahwa pemberian imunisasi atau vaksin polio di Provinsi NTB ditargetkan sebanyak 820, 487 anak usia 0 – 7 tahun. Ditegaskannya, tidak boleh satu anak pun di seluruh wilayah NTB terlewatkan dari pemberian imunisasi polio.

“Saya berharap semua dari provinsi, kabupaten kota, desa, tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program ini. Target ini harus tercapai dan kita harus semangat. Supaya anak-anak kita terhindar dari penyakit ini,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Mataram Dr. H. Mohan Roliskana menjelaskan meskipun di kota Mataram dan kabupaten kota lain NTB belum ditemukan penyebaran penyakit ini namun pemerintah tetap melakukan pencegahan dengan pemberian vaksin polio.

“Saya berharap semua puskesmas, posyandu serta kader-kader kesehatan masyarakat untuk tetap intens memberikan vaksin polio kepada anak-anak agar semua generasi kita terlindungi dari penyakit ini,” harapnya.

Pekan Imunasi Nasional ( PIN ) Polio dengan pemberian vaksin tersebut juga dihadiri oleh beberapa kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB bersama OPD lingkup Pemerintah Kota Mataram serta puluhan anak-anak yang akan diberikan vaksin polio. (Manikpkominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *