Kunker Pertama ke Dompu, Pj Gubernur NTB Silaturahmi Bersama Jajaran Pemda dan Masyarakat

Dompu – Dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Pertama, Pj Gubernur NTB Hassanudin silaturahmi mengunjungi Kabupaten Dompu bertempat di Aula Pendopo Dompu (25/7/2024). Kunker tersebut, diawali dengan penyambutan Tarian Wura Bongi Monca yang merupakan tarian selamat datang kepada Pj Gubernur beserta rombongan Pemprov NTB.

Pj Gubernur NTB menyampaikan betapa senang bisa jalan-jalan ke Dompu. Merasa bahagia dengan keharmonisan antara semua pihak. Kebersamaan, sinergitas, kolaborasi dalam membangun daerah dengan pemberdayaan masyarakat. Pj Gubernur berpesan pertumbuhan ekonomi dijaga melalui kondusifitas daerah, termasuk agenda Pilkada yang aman dan lancar dengan partisipasi politik atau keikutsertaan masyarakat memilih makin meningkat.

“Saya setuju dengan pengembangan wirausaha baru di Dompu yang telah bagus melalui Koperasi dan UMKM serta pemberdayaan masyarakat. Untuk menciptakan lapangan kerja,” tuturnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur, irigasi untuk diteruskan. Pj Gubernur mengajak untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun.

“Bangunlah network, terobosan yang tidak rutin-rutin saja, mengelola pendapatan daerah seperti MoU yang tadi disepakati. Menciptakan peluang investasi dengan tidak mempersulit perizinan, untuk mengimplementasikan sila kelima: keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Dalam pada itu, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT., menyambut dengan bangga kedatangan Pj Gubernur NTB di bumi Nggahi Rawi Pahu. Suatu motto yang berarti satunya kata dengan perbuatan. Dompu memiliki keunggulan hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan dari sisi Jagung, Porang, Ikan dan sebagainya. Dompu dikelilingi tiga teluk besar, ada Taman Nasional Tambora, dan punya padang peternakan Sapi yang luas di Doro Ncanga, tak kalah dengan yang ada di Texas. Ada pula tenunan khas Dompu Munapa’a dan Kopi Tambora.

Selanjutnya, dikatakan Wabup Syahrul hingga kini rerata pendapatan perkapita masyarakat Dompu peringkat ketiga setelah Kabupaten Sumbawa Barat dan Kota Mataram se-Provinsi NTB. Dari sisi keamanan dan ketertiban pada masa Pemilu 2024, Wabup Dompu Syahrul, menyatakan kondisi keamanan dan ketertiban yang merupakan zona merah tidak terbukti rentan. Dompu kondusif aman, lancar, dan terkendali.

Acara berlangsung khidmat. Dilakukan pula penandatanganan MoU terkait optimalisasi pemungutan pajak daerah. Hadir pada acara tersebut para anggota Forkopimda Kabupaten Dompu, pimpinan OPD se-Kabupaten Dompu, tokoh masyarakat, pimpinan media beserta tamu undangan. Acara ditutup dengan penyerahan bantuan kredit usaha dan hibah bagi kelompok pekerja sosial. (dyd/her/kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *