Tim Asesor BALKS RI Akreditasi LKSA Arriayah Desa Rensing Bat

Lombok Timur, Penyelenggaraan akreditasi terhadap lembaga di bidang kesejahteraan sosial dilaksanakan sebagai bagian dari proses untuk mendorong terciptanya sistem pelayanan sosial yang profesional dan memiliki akuntabilitas terhadap kepentingan publik sebagai penerima pelayanan.

LKSA Arriayah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat-Lombok Timur mendapatkan kesempatan untuk memperoleh akreditasi dari Tim Asesor Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) Republik Indonesia Jum’at, 26/07/2024.

Tim Asesor BALKS tiba di Sekretariat LKSA Arriayah pada pukul 9.00 Wita disambut langsung Ketua LKSA M. Ubaidillah Karomi Safari, M.Pd bersama jajaran pengurus lainnya.

Akreditasi sudah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tetang Kesejahteraan Sosial. Akreditasi dilakukan kepada setiap Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Akreditasi bertujuan untuk menjaga agar proses pelayanan kesejahteraan sosial diberikan secara baik dan berkualitas dalam rangka menjaga masyarakat dari pelayanan yang tidak baik oleh LKS atau malpraktek.

Ada 6 standar penilaian LKS yang digunakan asessor sebagai Standar Pelayanan Minimal (SPM) penyelenggaraan kesejahteraan sosial, diantaranya adalah Standar Program, Standar Sumber Daya Manusia, Standar Menejemen Organisasi, Standar Sarana dan Prasarana dan Standar Pelayanan.

“Hasil dari akreditasi ini nanti menjadi modal penting untuk bisa terus bersosial membantu masyarakat terutama anak yatim, yatim piatu terutama yang ada di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Mukhtarul Amin NWDI  Rensing Bat,” Kata Ketua LKSA Arriayah M. Ubaidillah Karomi kepada Kampung Media.

Dalam akreditasi tersebut kata Karomi sapaan akrabnya, Ada 6 Standar penilaian penyelenggaraan sosial yakni, Standar Program, Standar Sumber Daya Manusia, Standar Menejemen Organisasi, Standar Sarana dan Prasarana dan Standar Pelayanan. Ini mencakup tentang kelengkapan administrasi, Panti/asrama, kebersihan, pendidikan dan pelayanan.

Akreditasi ini lanjut Karomi, Memberikan banyak pelajaran dan pengalaman kepada kita, Tim asesor memberikan pembinaan bagaimana mengurus sebuah lembaga sosial dengan baik agar kedepan bisa melayani masyarakat terutama anak yatim, yatim piatu yang kita santuni dapat terakomodir/terlayani dengan baik juga.

Alhamdulillah kegiatan akreditasi berjalan dengan baik, Mudah-mudahan hasil dari akreditasi ini sesuai harapan kita bersama dan kami berharap kedepan LKSA Arriayah menjadi lembaga yang maju dan tentunya amanah, Tutup Karomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *