Inovasi Mahasiswa KKN PMD UNRAM nugget ayam kelor dan nugget pisang di Genggelang

LOMBOK UTARA – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN PMD) Universitas Mataram yang berlokasi di Dusun Paok Rempek, Desa Genggelang, mengadakan pelatihan pembuatan produk makanan sehat berupa nugget ayam kelor dan nugget pisang.

Yang dimana kegiatan ini dihadiri oleh ibu – ibu Kelompok Wanita Tani yang terdiri dari Kelompok Mustika Tani, Kelompok Inak – Inak Genem, dan Kelompok Nunas Barokah yang berlokasi di rumah Bapak Ijang yang dilakukan pada hari Kamis (01/08/2024)..

Di Desa Genggelang juga terdapat kasus stunting, yang dimana jumlah bayi yang usianya 0-12 bulan yang terkena stunting sebanyak 30 anak, sedangkan untuk yang di dusun paok rempek terdapat 15 anak yang terkenan stunting.

Pelatihan pembuatan nugget ayam kelor dan nugget pisang berguna untuk meningkatkan gizi anak yang dimana salah satu kandungan gizi dari nugget ini salah satunya mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh balita, batita, ibu hamil dan ibu menyusui. Proses pembuatan nugget ayam kelor dan nugget pisang dilakukan dengan cara dikukus dan digoreng yang dimana bahan utamanya menggunakan ayam dan daun kelor serta pisang ketip yang matang.

Untuk proses pengolahan nugget ayam kelor dilakukan dengan menghaluskan ayam. Sedangkan untuk daun kelornya direbus selama 30 detik agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Setelah itu, campurkan tepung tapioka ½ kg dan tepung terigu ¼ kg dengan campuran 1 buah telur dan ditambahkan air hingga adonannya seperti MPASI dan tambahkan garam ½ sdm. Selanjutnya, adonan tersebut di kukus selama 25 menit. Setelah matang, adonan didinginkan lalu dipotong sesuai selera kemudian dibaluri telur dan tepung panir lalu digoreng.

Sedangkan untuk proses pembuatan nugget pisang sama halnya dengan pembuatan nugget ayam kelor, hanya berbeda di bahan utama saja. Dimana nugget pisang ini menggunakan ¾ kg tepung terigu dan ¼ tepung tapioka, serta tambahkan gula sesuai selera.

Kegiatan pelatihan pembuatan pembuatan makanan sehat ini menarik antusias ibu – ibu KWT yang dimana produk ini dapat mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh untuk batita, balita, ibu hamil, ibu menyusui serta dalam penyampaian tadi dalam pembuatan nugget ini tidak menggunakan micin dan bahan penyedap lainnya. Ungkap Yuyut Amisya sebagai pemateri pelatihan pembuatan produk makanan sehat (01/08/2024)

Ungkap salah satu ibu KWT Mustika Tani nugget ini sangat mudah dibuat dan sangat sehat untuk anak – anak sehingga sangat cocok dijadikan pengganti snack yang tidak sehat untuk anak.

Ketua KKN PMD Unram Desa Genggelang 2024, Fany Dwi Purnomo berharap kegiatan ini dapat memotivasi ibu – ibu agar dapat menerapkan pola makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang serta ibu – ibu di dusun paok rempek dapat membuka peluang usaha. Kegiatan pelatihan pembuatan produk makanan sehat ini diharapkan menjadi awal untuk ibu – ibu menerapkan hidup sehat gizi seimbang.

Nb. Senja madani anriana, wanda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *