Harapan Lama Sekolah Lombok Barat Semakin Baik, Pj Gubernur NTB: Kunci Masa depan Cemerlang

Lombok Barat – Harapan Lama Sekolah (HLS) di Kabupaten Lombok Barat terus menunjukkan tren yang semakin baik. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan kian meningkat.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin saat menghadiri Deklarasi antikekerasan siswa-siswi sekaligus membuka rakor kepala sekolah se-Pulau Lombok di SMK 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat (3/8/2024).

“Kita sadari bahwa pendidikan yang baik kunci masa depan yang cemerlang. Selain itu, pendidikan langkah awal membangun generasi yang cerdas kreatif dan memiliki karakter,” tegasnya.

Oleh karenanya, Pj Gubernur NTB berharap kolaborasi antara sekolah, dunia usaha dan dunia industri merupakan hal penting menciptakan lulusan-lulusan yang siap menghadapi tantangan global.

“Kita sadari lulusan pendidikan makin besar namun ruang kerja dan kesempatan semakin terbatas. Untuk itu, kolaborasi sekolah dan dunia usaha dan industri harus ditingkatkan,” harapnya.

Selain itu, Pj Gubernur mengajak sekolah membangun langkah gerak yang tepat untuk memperkuat komitmen melindungi anak-anak dari tindakan kekerasan dan berbagai pengaruh narkoba.

“Mari sama-sama kita saling mendukung dan selalu mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak kita, karena mereka adalah investasi masa depan kita,” imbuhnya.

Sementara itu, PJ Bupati Lombok Barat H. Ilham menjelaskan bahwa Rata- rata lama sekolah di Kabupaten Lombok Barat masih proses pada angka 6,89 tahun. Sedangkan Harapan lama sekolah saat ini mencapai 13,98 atau sekitar 14 tahun.

“Ini capaian di sektor pendidikan yang bisa kami laksanakan dan kembangkan di Kabupaten Lombok Barat,” ungkapnya

Dirinya mengungkapkan sebelumnya kewenangan SMA/SMK sederajat dilimpahkan kepada pemerintah provinsi. Pemkab Lombok Barat membangun dengan prioritas satu kecamatan satu sekolah.

“Alhamdulillah ada beberapa sekolah yang kita bangun diantaranya SMK 1 Lembar yang dikhususkan untuk membidangi bidang kelautan. Sehingga banyak anak-anak kita sudah banyak yang bekerja di kapal-kapal pesiar dan ikan,” urainya.

Dirinya mengapresiasi pemerintah Provinsi NTB yang memberi dukungan bagi kemajuan pendidikan di Lombok Barat. Pemerintah kabupaten Lombok Barat terus meminta dukungan kepada pemerintah provinsi untuk meningkkan target pembangunan di bidang pendidikan ke depannya.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur NTB Hassanudin didampingi Ketua TP PKK Provinsi NTB Dessy Hassanudin, Forkopimda Pemerintah Provinsi NTB dan ratusan kepala sekolah beserta guru di Kabupaten Lombok Barat. (mnp/dyd/kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *