Pemprov NTB Jajaki Kerjasama dengan Netherlands Business Suport Office (NBSO)

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin
yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Lalu Gita Ariadi, menerima audiensi Netherlands Business Suport Office (NBSO)/Kantor Perwakilan Dagang Pemerintah Belanda di Indonesia di Pendopo Timur Gubernur, pada Rabu 4 September 2024.

NBSO Indonesia Yang berlokasi di Surabaya ini merupakan sebuah lembaga yang didedikasikan khusus untuk promosi perdagangan dan investasi Belanda di wilayah Jawa Timur dan Indonesia bagian timur Lainnya, salah satunya di Provinsi NTB.

Dalam audiensi tersebut, Pemprov NTB dan NBSO membahas berbagai kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan kedepannya. Miq Gite, sapaan Sekda, dalam sambutannya menjelaskan Pemprov NTB siap memfasilitasi kerjasama yang dibutuhkan, baik dengan pemerintah, pembisnis/UMKM lokal, ataupun sumber daya manusia lainnya.

“Kami siap menjalin kerjasama baik government to government, business to business, or people to people,” tegas Miq Gite.

Pemprov NTB dalam audiensi tersebut juga memaparkan berbagai potensi yang dimilikinya di berbagai sektor. Dari sektor pertanian, peternakan, kesehatan, ekonomi kreatif, hingga wisata dipaparkan oleh dinas terkait.

Sementara itu Chief Representative NBSO, Mario Lauw, menjelaskan Provinsi NTB memiliki banyak potensi strategis yang bisa dikerjasamai. NBSO, menurut Mario, tertarik untuk bekerjasama dalam perdagangan Virgin Coconut Oil (VCO), energi terbarukan, dan pengolahan sampah. Namun sebelum itu, tim NBSO akan mempelajari lebih jauh potensi yang dimiliki NTB.

“Kami akan mempelajari terlebih dahulu materi yang telah diberikan,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kadis Perdagangan, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kadis Perindustrian, Kadis Peternakan dan Keswan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis ESDM, Kadis Dikbud, Kadis Koperasi & UKM, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kesehatan, Kadis PMPTSP, dan Karo Pemerintahan Provinsi NTB. (novita, her, dinas kominfotik ntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *