MAN 2 Kota Bima Juara 3 Lomba The Influencer UTS English Competition Prov. NTB 2021

Kota Bima – Tim siswa MAN 2 Kota Bima yang terdiri dari 3 orang , yakni: Ghina Salsabila, Putri Syakinah, dan M. Rizky Darmawan ditetapkan sebagai Juara 3 pada mata lomba The Influencer UTS English Competition Provinsi NTB Tahun 2021. Kompetisi berbahasa Inggris skala Provinsi NTB ini digelar oleh UPT Pusat Bahasa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Tim dari SMAN 1 Taliwang ditetapkan sebagai yang terbaik dan meraih Juara 1 dan MAN 2 Mataram ditetapkan sebagai Juara 2. Peserta yang masuk dalam 3 besar berhak atas hadiah berupa serifikat, uang tunai, dan merchandise.   

Dalam video yang dikirimkan ke panitia lomba, Tim MAN 2 Kota Bima mengangkat budaya Bima, yakni: mengenakan Rimpu dan Baju Poro sembari menjelaskan apa yang dikenakan tersebut. Juga ada penampilan tari tradisional masyarakat Mbojo. Tak hanya itu, Asi Mbojo dan Uma Lengge pun turut disorot dalam konten video yang diberikan narasi. Sehingga penonton dapat melihat dan mendengarkan keterangan dari isi konten.

Sebelum ditetapkan sebagai Juara 3, Tim MAN 2 Kota Bima termasuk Top 8 UTS English Contest atau masuk dalam 8 besar. Bagi peserta yang masuk dalam 8 besar diwajibkan hadir di Sumbawa Besar untuk mengikuti sesi wawancara. Selanjutnya dewan juri memilih 3 penampil terbaik sebagai pemenang.

Seluruh peserta dari semua mata lomba hadir untuk mengikuti sesi wawancara. Setelah semua peserta mengikuti sesi wawancara, panitia melakukan tabulasi data dan menentukan para pemenang. Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Sumbawa pada Rabu (27/10) pagi hingga sore hari. Pengumuman dihadiri juga oleh Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, M.Pd, Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph.D, dan seluruh dewan juri.   

Ada 5 mata lomba yang diadakan, yakni: Lomba The Influencer, Lomba Speech, Lomba Essay, Lomba Storytelling, dan Lomba Poetry. Peserta mengirimkan video berisi konten kepada panitia secara online. Panitia melakukan penilaian dan menetapkan para peserta yang lolos ke babak final.

UTS English Competition dengan mengusung tema “Milenial’s role in preserving culture and overcoming challenge in mist pandemic” adalah wadah produktif para pelajar untuk berkompetisi. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 September sampai dengan 17 Oktober 2021 lalu. (NR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *